Advertorial

Gramedia Yogya Gelar Seminar Tantangan Literasi di Era Digital

Monika Septiana, Ketua Panitia pada kegiatan ini menjelaskan jika semakin hari minat baca di Indonesia semakin turun.

Gramedia Yogya Gelar Seminar Tantangan Literasi di Era Digital
Istimewa
Peduli akan minat baca di Indonesia, Gramedia Yogya mengadakan Seminar Tantangan Literasi di Era Digital di h-Boutique Hotel, pada Kamis (14/3/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Peduli akan minat baca di Indonesia, Gramedia Yogyakarta mengadakan Seminar Tantangan Literasi di Era Digital di h-Boutique Hotel, pada Kamis (14/3/2019).

Monika Septiana, Ketua Panitia pada kegiatan ini menjelaskan jika semakin hari minat baca di Indonesia semakin turun.

Hal ini juga tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang semakin hari semakin berkembang.

Baca: Posisi Menkeu Sri Mulyani Digantikan Pelajar dari Solo

Untuk di Yogya sendiri, Monika mengatakan jika memang dibandingkan dengan kota lain lebih tinggi, namun ketika perbandingan tersebut dibandingkan dengan dulu, hal tersebut cenderung menurun

"Jogja dibandingkan dengan kota lain memang cukup tinggi, namun ada penurunan, apalagi dengan teknologi yang semakin hari semakin pesat. Kalau untuk buku anak masih tinggi, untuk remaja paling banyak novel yang diburu, dan buku lain seperti pengembangan sosial cukup rendah," ungkapnya.

Baca: 150 Penggemar Buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Berbaris di Lantai 3 Gramedia Sudirman

Menjawab tantangan teknologi yang semakin berkembang, saat ini Gramedia sudah mengeluarkan platform digital, dimana para pembaca bisa membaca buku yang diinginkan hanya dengan membawa smartphone.

"Kita mengikuti zaman. Mungkin ketika kita melihat minat baca untuk buku fisik saat ini cukup rendah. Oleh karenanya, kita membuat inovasi baru dengan platform digital. Sehingga, dimanapun seseorang mau membaca, bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone," ungkapnya.

Monika menjelaskan jika Gramedia digital ini ada dua tipe, pertama yakni smart library yang ditujukan untuk sekolah yang memiliki dana BOS.

Yang kedua, yakni premium yang harga berlangganannya disesuaikan dengan permintaan konsumen

"Untuk berlangganan premium, bisa menghubungi semua Gramedia yang ada di seluruh Indonesia. Nanti kemudian sistemnya dengan cara download, itu paketan, tinggal memilih konten buku apa aja yang mau dimasukin, nama pengguna dan nama pengakses. Nanti tinggal download di aplikasi playstore, untuk aplikasinya. Bisa langsung masuk ke sekolah masing-masing," ungkapnya.

Baca: Pendaftaran Airport Ambassador hingga Akhir Maret 2019, Duta Bandara Terbuka buat Laki-laki

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved