Internasional

Robin Hood dari Villarramiel, Berikan Uang Rp1,6 Juta Bagi Warga Kurang Mampu

Robin Hood dari Villarramiel, Berikan Uang Rp1,6 Juta Bagi Warga Kurang Mampu

Robin Hood dari Villarramiel, Berikan Uang Rp1,6 Juta Bagi Warga Kurang Mampu
via makassar.tribunnews.com
Ilustrasi uang dalam amplop 

TRIBUNJOGJA.COM -  Cerita Robin Hood tidak hanya terjadi di film saja.

Namun hal serupa juga terjadi di sebuah desa kecil di Spanyol.

Penduduk di desa tersebut dikejutkan dengan amplop berisi uang yang ditinggalkan orang tak dikenal di kotak pos atau di bawah pintu rumah warga.

Sejak sepekan lalu, sebanyak 15 orang di Villarramiel, Spanyol utara, mengaku telah menerima amplop berisi uang lembaran sebesar 100 euro (sekitar Rp 1,6 juta) tanpa mengetahui siapa pengirimnya.

Warga pun dibuat bingung karena selain tidak menyertakan nama pengirim, para penerima "hadiah" tersebut tidak memiliki kaitan satu sama lain.

"Kami semua dibuat bingung dan bertanya-tanya karena kami tidak tahu dari mana uang ini berasal atau siapa dermawan yang meninggalkannya," kata Wali Kota Villarramiel, Nuria Simon kepada AFP, Rabu (13/3/2019).

"Kami juga tidak tahu apa tujuan dari pemberi uang," tambahnya.

Baca: Istri Terduga Teroris Lebih Militan, Tak Bergeming Meski Polisi Hadirkan AH untuk Ikut Membujuknya

Media setempat menyebut pemberi amplop uang tersebut dengan julukan " Robin Hood dari Villarramiel".

Simon menambahkan, uang tersebut ditinggalkan di dalam amplop berwarna coklat.

Beberapa di antaranya bahkan juga dilengkapi catatan seperti nama penerima, alamat, dan pesan seperti "Putri Rumah Tangga" dan lambang hati.

Simon menyebutkan warga yang mendapat amplop uang kebanyakan adalah warga yang membutuhkan, seperti seorang janda yang tinggal bersama putranya, pasangan dengan anak kecil, pasangan lansia, pasangan paruh baya yang tak memiliki anak, dan lainnya.

"Tapi tidak ada hubungan yang jelas di antara para penerima," kata Simon.

Beberapa warga yang menerima uang sempat melaporkannya ke kantor polisi atau bank untuk memeriksa apakah uang tersebut asli.

Namun karena bukan merupakan pelanggaran, tidak ada penyelidikan polisi yang dilakukan dan sejauh yang diketahui, tidak ada pihak yang ditahan.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Robin Hood" Beraksi Tinggalkan Amplop Uang di Rumah Warga Sebuah Desa", https://internasional.kompas.com/read/2019/03/13/22325701/robin-hood-beraksi-tinggalkan-amplop-uang-di-rumah-warga-sebuah-desa.

Editor: has
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved