Gunungkidul

Kabupaten Gunungkidul Raih Penghargaan dari Ombudsman

Ombudsman telah melakukan penilaian terhadap pelayanan publik melalui dua survei yaitu survey kepatuhan terhadap undang undang nomor 25 tahun 2009

Kabupaten Gunungkidul Raih Penghargaan dari Ombudsman
PEMKAB GUNUNGKIDUL
Badingah saat menerima penghargaan dari Ombudsman, Senin (11/3/2019). 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Kabupaten Gunungkidul raih penghargaan Ombudsman pada Senin (11/3/2019) yang diberikan di Palembang, Sumatera Selatan.

Ombudsman telah melakukan penilaian terhadap pelayanan publik melalui dua survei yaitu survey kepatuhan terhadap undang undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dan survey kompetensi penyelenggaraan perijinan pemerintah daerah.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu (DPMPT) Kabupaten Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengatakan penilaian penghargaan oleh Ombudsman tersebut meliputi semua aspek perizinan seperti penilaian aspek standar pelayanan, standar SOP, fasilitas layanan, hingga Sumber Daya manusia (SDM) yang dimiliki DPMPT.

Baca: Bawaslu Gunungkidul Tertibkan Ribuan APK

"Dalam penilaian ini ombudsman mengkategorikan hasil penilaian menjadi 3 zona yaitu hijau untuk provinsi/kabupaten/kota yang memiliki nilai kepatuhan dan kompetensi tinggi, zone kuning untuk nilai kepatuhan dan kompetensi sedang dan zone merah untuk nilai kepatuhan dan kompetensi rendah," katanya, saat dihubungi Tribunjogja, Selasa (12/3/2019).

Irawan mengatakan pihaknya juga telah menerapkan Online Single Sumbmission (OSS) yang alurnya sama disemua daerah, pertama seseorang tersebut harus mendaftar terlebih dahulu dan memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

NIB tersebut adalah sebagai pintu masuk untuk mengakse OSS.

"Disitu akan menampilkan status wajib pajaknya, data-data perusahaan hingga data pribadinya. Saat masuk tersebut maka investor tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan seperti izin pariwisata," ucapnya.

Baca: Bertransformasi ke Digital, Pemkab Gunungkidul Mulai Kenalkan e-office ke OPD dan Kecamatan

Dirinya mengatakan jika ada masyarakat yang akan mengurus izin dengan menggunakan OSS namun masyarakat tidak mengerti cara menggunakan OSS pihaknya memberikan bantuan memasukkan data-data.

"OSS sebenarnya bisa diisi di rumah namun jika ada yang belum paham maka kami bisa mendampingi dan membantu untuk mengisi OSS," katanya.

Selanjutnya Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan penerimaan penghargaan kali ini tidak menjadikan lupa diri namun dinas-dinas terkait harus mempertahankan prestasi yang telah didapat.

"Jangan terlena karena mendpat satu penghargaan namun ini baru merupakan langkah awal, kalau perlu tingkatkan lagi pelayanan masyarakat terkait dengan perizinan baik itu izin usaha, reklame hingga izin penelitian,"tutupnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved