Pemilu 2019

Viral Foto Truk Pengangkut Surat Suara Bertuliskan Huruf Kanji, KPU Kulon Progo Pastikan Semua Aman

Viral Foto Truk Pengangkut Surat Suara Bertuliskan Huruf Kanji, KPU Kulon Progo Pastikan Semua Aman

Viral Foto Truk Pengangkut Surat Suara Bertuliskan Huruf Kanji, KPU Kulon Progo Pastikan Semua Aman
Capture tweet @andi arief
Cuitan Andi Arief di Twitter soal truk pengangkut surat suara yang bertuliskan huruf kanji 

TRIBUNJOGJA.COM - Nama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo ramai diperbincangkan di jagat media sosial, Senin (11/3/2019).

Hal itu menyusul cuitan politisi Partai Demokrat, Andi Arief terkait truk bertuliskan huruf asing dengan lambang Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Andi Arief mengunggah dua buah foto truk itu di akun Twitternya. Dalam satu foto, terdapat seorang perempuan dan polisi tengah menunjuk stiker lambang KPU di tengah deretan tulisan berhuruf asing pada bak truk itu.

Sementara di foto lainnya, tampak beberapa pria tengah menggotong kotak karton muatan truk tersebut.

"Ini sudah dilaporkan ke KPU melalui seorang wartawan. KPU meminta membantu mencari data tentang ini, kapan dan dimana. Tugas KPU dan kita semua mencari kebenaran."tulis Andi Arief dalam akunnya, Senin.

Baca: Finalis Puteri Indonesia Dibekali Pengetahuan Politik dan Anti-Hoaks

Belakangan diketahui foto itu merupakan gambar proses penerimaan logistik Pemilu 2019 berupa surat suara di gudang logistik KPU Kulon Progo, Jumat (8/3/2019) lalu.

Perempuan yang berpose bersama seorang polisi itu tak lain adalah Ketua KPU Kulon Progo, Ibah Muthiah.

Adapun tulisan berhuruf asing itu merupakan huruf kanji Jepang. Ibah mengakui bahwa foto tersebut benar adanya dan diambil saat truk pengiriman surat suara dari percetakan di Sukoharjo tiba di gudang logistik Wates.

"Foto itu diambil polisi yang melakukan pengawalan sejak dari Sukoharjo hingga Wates sebagai bahan laporan untuk membuktikan bahwa logistik sudah diantar dan dikawal dengan aman. Bahkan, ditunjukkan bahwa truk masih bersegel (stiker lambang KPU)," kata Ibah di kantornya.

Baca: Polres Gunungkidul Fokus Jaga Perbatasan Jelang Pemilu

Ibah menyebut, pengiriman surat suara ini dilakukan oleh PT KSO Temprina Media Grafika yang ada di Sukoharjo sebagai percetakan yang ditunjuk KPU RI.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved