Internasional

Grup Band Dangdut asal Amerika Hibur Warga Probolinggo, Sang Vokalis Seorang Profesor Musik

Grup Band Dangdut asal Amerika Hibur Warga Probolinggo, Sang Vokalis Seorang Profesor Musik

Grup Band Dangdut asal Amerika Hibur Warga Probolinggo, Sang Vokalis Seorang Profesor Musik
KOMPAS.com/A. Faisol
Dua personel Dangdut Cowboys mampir ke studio radio usai check sound. 

TRIBUNJOGJA.COM - Musik dangdut tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia saja.

Musik ini ternyata juga banyak diminati oleh warga di Amerika. Bahkan seorang profesor musik membuat grup band dangdut yang diberi nama Dangdut Cowboys.

Grup band ini pun memberikan hiburan kepada warga di Kabupaten Probolinggo, tepatnya di Gedung Islamic Center Kraksaan pada Senin (11/3/2019) malam.

Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo mengatakan, Dangdut Cowboys merupakan group band dangdut asal Amerika Serikat.

Baca: Marvel Dikabarkan Lirik Camila Mendes Bintangi Film Black Widow

Mereka terinspirasi dengan musik dangdut Indonesia. Dangdut Cowboys digawangi oleh alumni dan mahasiswa pasca-sarjana dari Fakultas Pitt dan CMU USA.

"Grup dangdut ini mengkolaborasi genre dangdut dengan rock country, blues, dan reage," katanya, Senin.

Grup tersebut digawangi oleh sang vokalis Andrew N Weintraub, yang juga seorang profesor musik di University of Pittsburgh, Stephen Schultz pada seruling, John Bagnato pada gitar, Samuel Boateng pada keyboard, dan Meghan Hynson pada vokal.

Band bentukan tahun 2007 ini akan mengadakan konser di Surabaya, Medan, dan Jakarta mulai 8 sampai 18 Maret 2019.

Baca: Seungri BIGBANG Putuskan Pensiun dari Dunia Hiburan Korea Selatan

Tapi sebelum tampil di tiga kota besar itu, Dangdut Cowboys lebih dulu menghibur warga Kabupaten Probolinggo.

Ketua HIPMI setempat Intan Cahya Kurniasari menceritakan, saat berkunjung ke Konsulat Jenderal AS di Surabaya, HIPMI mendapat tawaran dari Konjen AS terkait jadwal konser Dangdut Cowboys.

"Dari tawaran itu, HIPMI menyanggupi dan langsung berkoordinasi dengan pemkab. Bagi HIPMI, kehadiran Andrew N Weintraub dan kawan-kawan menjadi momen penting untuk saling mempelajari budaya dan kesenian dua negara. Terlebih, hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat kini sudah berusia 70 tahun," ujarnya.

Salah satu personil Dangdut Cowboys, Meghan Hynson mengatakan kenal dengan genre dangdut saat berlibur ke Bali. "Kemudian ada band Dangdut Cowboys, saya bergabung," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Grup Band Dangdut Asal Amerika Akan "Goyang" Probolinggo hingga Jakarta", https://regional.kompas.com/read/2019/03/11/20501611/grup-band-dangdut-asal-amerika-akan-goyang-probolinggo-hingga-jakarta.

Editor: has
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved