Kiat Menjaga Kesehatan Mata Si Buah Hati

Kondisi ini dipercaya oleh sebagian orangtua bisa membuat mata anak menjadi tidak sehat dan berujung mengalami gangguan.

Kiat Menjaga Kesehatan Mata Si Buah Hati
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Seiring majunya perkembangan teknologi, banyak hiburan hadir melalui layar kaca, televisi hingga gawai.

Salah satunya adalah fenomena bagaimana anak anak terlalu asyik bahkan kecanduan menonton tayangan hiburan atau bermain game melalui perangkat ponsel.

Kondisi ini dipercaya oleh sebagian orangtua bisa membuat mata anak menjadi tidak sehat dan berujung mengalami gangguan.

Seperti yang dikhawatirkan oleh Titin, guru yang memiliki dua orang anak ini khawatir lantaran anaknya terlanjur suka dan betah berjam-jam melihat layar smartphone dengan berbagai posisi.

Kekhawatiran Titin muncul lantaran ia mengalami sendiri bagaimana kondisi mata orang dewasa sepertinya bila berlama lama berada di depan monitor komputer atau smartphone, apalagi dengan kondisi minim cahaya.

Ia merasakan kerja mata menjadi lebih berat dan kepala sering pening.

"Anak anak memang sudah terlanjur susah dijauhkan dari gadget. Tapi pelan-pelan saya batasi, terutama ketika malam hari,kondisi cahaya ruangan meskipun menggunakan lampu terang tidak seperti siang hari, mata anak jadi bekerja lebih keras untuk melihat dan terkena paparan cahaya layar smartphone," kata Titin.

Senada diungkapkan Lia Nastasia, ibu dua orang anak ini juga mulai mengubah kebiasaan anaknya yang bisa berjam jam menonton film kartun melalui smartphone.

Bahkan, ia juga memperhatikan posisi menonton anaknya kerap kurang baik sehingga bisa memicu gangguan pertumbuhan.

Halaman
123
Penulis: yud
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved