Gunungkidul

Bawaslu Gunungkidul Awasi Pelipat Surat Suara dan Lokasi Tempat Penyimpanan Surat Suara

Bawaslu Gunungkidul tekankan pengawasan pada SDM yang melakukan pelipatan surat suara, dan juga tempat penyimpanan surat suara.

Bawaslu Gunungkidul Awasi Pelipat Surat Suara dan Lokasi Tempat Penyimpanan Surat Suara
internet
Logo Bawaslu 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pengiriman logistik pemilu 2019 yang berupa surat suara diperkirakan sampai Gunungkidul pada tanggal 12 Maret mendatang.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunungkidul tekankan pengawasan pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang melakukan pelipatan surat suara, dan juga tempat penyimpanan surat suara.

Pernyataan tersebut dikemukakan oleh Komisioner Pengawas, Humas, dan antar lembaga, Bawaslu Gunungkidul, Rosita saat dihubungi Tribunjogja.com, Rabu (6/3/2019).

"Fokus pengawasan kita yang pertama adalah di tempat penyimpanan kotak suaranya dimana, mengingat saat ini KPU Gunungkidul menyimpan kotak suara di tiga tempat yang berbeda," katanya.

Baca: On Trend: 6 Gaya Mix and Match Koleksi Terbaru Gaudi Clothing

Ia menjelaskan yang perlu mendapatkan pengawasan adalah saat pengiriman dari KPU ke gudang-gudang karena saat pengiriman ada jarak sehingga memerlukan pengawasan dari Bawaslu.

"Kita juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian utuk mengawal saat pengiriman surat suara," ucapnya.

Selain itu lanjutnya, yang membutuhkan pengawasan adalah petugas pelipatan surat suara karena KPU menggunakan tenaga dari pihak ketiga, untuk itu petugas yang melipat kertas surat suara harus netral.

"KPU akan menggunakan siswa siswi SMA yang melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL), kalau anak-anak PKL sudah selesai KPU juga membutuhkan pihak ketiga lainnya untuk membantu kenetralan mereka harus dipastikan," ujarnya.

Baca: Bawaslu DIY Sambut Baik Larangan Pemberian Uang Makan dan Minum Saat Kampanye

Rosita menuturkan untuk melakukan perekrutan bukan ranahnya namun pihaknya tahu siapa yang melakukan pelipatan surat suara dan dapat memastikan kenetralannya.

Sementara itu Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani menuturkan informasi dirinya dapat surat suara akan tiba di Gunungkidul pada anggal 12 maret mendatang.

"Saat ini kami sedang melakukan persiapan tempat surat suara dan juga tenaga lipat suara dan sortir kertas suara. Rencana untuk tempat penyimpanan di gudang KPU hanya satu tempat berbeda dengan penyimpanan kotak suara," katanya.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved