Otomotif

Modal 3 Juta, RX King Oprekan Bengkel BKJ Sudah Bisa Terbang

Bagi pecinta RX King mungkin tak asing dengan bengkel oprek yang ada di Bantul ini. Bursa Karbu Jogja atau disingkat BKJ.

Modal 3 Juta, RX King Oprekan Bengkel BKJ Sudah Bisa Terbang
Istimewa
Kru Bengkel Bursa Karbu Jogja (BKJ) 

TRIBUNJOGJA.COM - Bagi pecinta RX King mungkin tak asing dengan bengkel oprek yang ada di Bantul ini. Bursa Karbu Jogja atau disingkat BKJ.

Usai pemilik yakni Erik Tanjung rutin mengunggah hasil-hasil garapannya via YouTube setahun lalu. Bengkel ini mendapat antusias yang luar biasa.

Dalam videonya, Erik menampilkan hasil oprekannya yang berubah berperforma tinggi berkat tangan-tangan rekannya di bengkel BKJ.

Dalam sebagian besar video Erik itu, Yamaha RX King garapan bengkel BKJ seolah sangat enteng dan lincah ketika gas pol di jalanan. Bahkan motor itu bisa standing atau dengan mudah diangkat roda depannya berkali-kali hingga diibaratkan RX King 'terbang'.

Lalu apa yang sebenarnya dilakukan Bursa Karbu Jogja sehingga bisa melahirkan RX King terbang semacam itu?

Baca: Kawasaki W 175 Cafe, Lebih Sporty dan Kental Image Retro

"Kami di sini sebenarnya hanya mengubah barang pabrik yang semula standar menjadi racing," ujar Erik saat berbincang dengan TribunJogja.com lewat sambungan telepon, Selasa (5/3/2019) malam.

Namun garapan bengkel yang berada di Kepanjen RT 01, Jambidan Banguntapan Bantul ini tak asal-asalan.

Secara profesional, ia bersama rekannya yang juga kepala mekanik BKJ, Robert, melakukan riset hingga akhirnya mendapatkan sebuah hasil maksimal dari oprekan jeroan RX King yang digarapnya.

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga itu menuturkan secara garis besar oprekan yang digarap bengkel Bursa Karbu Jogja berfokus pada mesin lalu kaki-kaki Yamaha RX King kemudian bodi.

"Yang pertama jelas daleman (mesin) motor dibelah dulu, semua laker, bearing, kruk as diperbaharui semua agar motor anteng," katanya.

Mekanik di Bengkel BRJ tengah memodifikasi blok mesin RX King
Mekanik di Bengkel BRJ tengah memodifikasi blok mesin RX King (Istimewa)
Halaman
123
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved