Bulan Rajab Bulan Suci yang Istimewa, Jalankan Puasa Rajab Sehari Bagai Puasa Sebulan

Bulan Rajab. Bulan Rajab tepatnya pada Jumat 8 Maret 2019. Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan satunya adalah Bulan Rajab.

Bulan Rajab Bulan Suci yang Istimewa, Jalankan Puasa Rajab Sehari Bagai Puasa Sebulan
net
Bulan Rajab 

Bulan Rajab Bulan Suci yang Istimewa, Jalankan Puasa Rajab Sehari Bagai Puasa Sebulan

Tak lama lagi umat Islam akan memasuki Bulan Rajab, tepatnya pada Jumat 8 Maret 2019. Pada Dalam kalender Hijriyah (kalender Islami), Bulan Rajab  ini termasuk satu dari
empat bulan mulia.

Dalam hitungan kalender hijriyah, Bulan Rajab merupakan bulan ketujuh. Bulan ini termasuk salah satu bulan haram (suci) dan/atau bulan yang dimuliakan.

Karena merupakan bulan haram, maka tidak heran jika dikalangan masyarakat muslim banyak yang melakukan amal-amalan ketaatan di bulan ini, termasuk menunaikan puasa
sunnah rajab.

Terdapat 4 (empat) bulan haram yang dikenal tradisi Islam, ketiganya secara berurutan adalah: Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan satunya adalah Bulan Rajab.

Beberapa alasan kenapa bulan-bulan tersebut dinamakan bulan haram adalah :

Pada bulan tersebut diharamkan berbagai pembunuhan. Orang-orang Jahiliyyah pun meyakini demikian.

Pada bulan tersebut larangan untuk melakukan perbuatan haram lebih ditekankan daripada bulan yang lainnya karena mulianya bulan itu.

Demikian pula pada saat itu sangatlah baik untuk melakukan amalan ketaatan. (Lihat Zaadul Masiir, tafsir surat At Taubah ayat 36)

Allah SWT berfirman :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Halaman
1234
Editor: iwe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved