Lifestyle

Tidak Semua Makanan Kucing itu Sama, Perhatikan Kebutuhannya

Padahal hal tersebut dapat menimbulkan efek yang tak baik bagi kucing khususnya kesehatan dan angka harapan hidupnya.

Tidak Semua Makanan Kucing itu Sama, Perhatikan Kebutuhannya
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Drh Neno Waluyo Sukelan, Dokter Khusus Royal Canin sebagai brand tersohor penyedia makanan kucing dan anjing saat memberikan talkshow dalam acara Jogjakarta Cat Camphionship 2019 yang digelar di atrium Jogja City Mall, Minggu (3/3/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Memelihara kucing mungkin sudah menjadi kegemaran banyak masyarakat di Indonesia bahkan dunia.

Namun masih banyak pula yang belum memahami pentingnya konsumsi yang sesuai kebutuhan kucing.

Padahal hal tersebut dapat menimbulkan efek yang tak baik bagi kucing khususnya kesehatan dan angka harapan hidupnya.

Drh Neno Waluyo Sukelan, Dokter Khusus brand tersohor penyedia makanan kucing dan anjing, Royal Canin menuturkan setidaknya ada tiga jenis makanan yang harus diperhatikan sebelum memberikan kepada hewan peliharaan kita.

Baca: Perhatikan Asupan Nutrisi dan Kesehatan Agar Kucing Peliharaan Panjang Umur

"Makanan kucing (khususnya Royal Canin) ada tiga jenis peruntukan, berdasarkan usia, ras dan kebutuhan khususnya seperti bulu rontok atau masalah lain, jenis makanan itu harus diperhatikan," katanya kepada TribunJogja.com disela acara Jogjakarta Cat Camphionship 2019 yang digelar di atrium Jogja City Mall, Minggu (3/3/2019).

Sebagai produsen makanan kucing ada beberapa hal yang diperhatikan untuk makanan kucing berdasarkan usia diantaranya seperti kandungan protein, mineral dan gizi lainnya.

"Kalau untuk anakan pastikan mineral dan protein lebih tinggi sedangkan untuk usia tua jangan sampai mineral terlalu banyak karena akan memperberat kerja ginjalnya," terangnya.

Sementara itu untuk makanan kucing berdasarkan ras atau jenis kucing harus diperhatikan kondisi anatomi fisiologis dari ras tersebut.

Neno mencontohkan kucing Persia sebagai salah satu kucing dengan jumlah penggemar terbanyak di dunia, hal yang harus pastikan yakni membuat bulu panjangnya tidak mudah rontok.

Baca: Kucing Terkaya Dunia Ini Dapat Warisan Rp 2,8 Triliun dari Harta Pemiliknya

Selain itu bentuk makanan juga harus diperhatikan sehingga memudahkan kucing untuk mengambil makanan.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved