Advertorial

Mancing Bersama, Mbah Bardi Ajak Warga Jaga Kebersihan Sungai

Dalam kesempatan tersebut, Subardi atau yang akrab disapa Mbah Bardi itu menyampaikan pesan untuk mencintai lingkungan, khususnya sungai.

Mancing Bersama, Mbah Bardi Ajak Warga Jaga Kebersihan Sungai
TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma
Mbah Bardi ikut memancing ikan dan menyampaikan pesan untuk menjaga kebersihan sungai dalam acara Mancing bersama Mbah Bardi di Kali Buntung, Karangwaru, Minggu (03/03/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Ratusan mancing mania se DIY memenuhi Kali Buntung, Karangwaru, Yogyakarta.

Para mancing mania tersebut antusias mengikuti acara Mancing Bersama Mbah Bardi.

Dalam kesempatan tersebut, Subardi atau yang akrab disapa Mbah Bardi itu menyampaikan pesan untuk mencintai lingkungan, khususnya sungai.

Apalagi kali Buntung sudah direvitalisasi, tentu dibutuhkan peran aktif dari masyarakat untuk menjaga.

"Kali Buntung kan sudah direvitalisasi, lingkungan di sekitar sudah tertata dengan baik. Nah tentu yang diperlukan selanjutnya adalah kesadaran masyarakat untuk menjaga fasilitas yang sudah diberikan. Yang bisa menjaga siapa lagi kalau bukan masyarakat sendiri," katanya saat ditemui di Kali Buntung, Minggu (03/03/2019).

Baca: Lewat Mancing Bersama, Cara Mbah Bardi Ajak Warga Cintai Lingkungan

Melalui mancing bersama, lanjut dia merupakan salah satu langkahnya untuk menunjukkan pada masyarakat bahwa sungai juga memberikan manfaat kepada masyarakat.

Oleh sebab itu, tidak hanya sekedar menjaga fasilitasnya saja, tetapi juga kebersihannya, agar sungai terus memberikan manfaat bagi warga sekitarnya.

"Sungai ini kan sumber daya alam yang diberian Tuhan untuk kita. Dengan mancing ini kan masyrakat mendapat manfaat dari sungai. Maka perlu dijaga bersama, terutama kebersihannya supaya sungai terus memberikan manfaat," lanjutnya.

Menurut Caleg DPR RI Dapil DIY tersebut, selain untuk refreshing, mancing bersama juga untuk menjaga silaturahmi warga.

Tak hanya itu mancing bersama juga mampu meningkatkan rasa kebersamaan, apalgi peserta tidak hanya warga sekitar Kali Buntun, tetapi juga se DIY.

Baca: Mbah Bardi Ajak Warga Tanamkan Jiwa Sportifitas dan Kejujuran

"Para mancing mania bisa saling silaturahmi, bisa sebagai ajang refreshing, bisa nostalgia. Insyaallah manfaat dari ikan yang dilepaskan tidak hanya untuk warga sekitar saja, tetapi seluruh warga Yogyakarta," tambahnya.

"Saya juga bisa bersilaturahmi dengan warga, rupanya banyak juga yang kenal saya. Karena saya sempat berkecimpung di dunia sepak bola. Nah ini kalau tidak ada silaturahmi seperti ini kan tidak tahu," tutupnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved