Jawa

Terkait Deklarasi Jokowi-Maruf di Solo , Wakil Walikota Magelang : Kami Tak Langgar Aturan

Bawaslu Jawa Tengah memutuskan bahwa deklarasi oleh 31 kepala daerah di Jawa Tengah melanggar aturan tentang netralitas sebagai kepala daerah.

Terkait Deklarasi Jokowi-Maruf di Solo , Wakil Walikota Magelang : Kami Tak Langgar Aturan
IST
Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina, memberikan pernyataan kepada awak media terkait kehadirannya pada acara deklarasi dukungan terhadap salah satu paslon di Solo, Jawa Tengah, Rabu (13/2/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, menilai putusan pelanggaran Undang-undang Pemerintah Daerah terkait deklarasi pemenangan paslon nomor urut satu, Jokowi-Maruf Amin, oleh 31 kepala daerah di Jawa Tengah di Solo, oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), tidaklah tepat.

Menurutnya, UU Pemda merupakan ranah Kementerian Dalam Negeri, dan pihak Kemendagri yang memiliki kewenangan dalam memberikan keputusan atau sanksi terhadap pelanggaran regulasi tersebut.

"Saya rasa soal putusan melanggar UU Pemda oleh Bawaslu, soal deklarasi kemarin di Solo, tidak tepat. Karena, UU Pemda yang mengatur adalah Kementerian Dalam Negeri. Bawaslu hanya terkait kampanye. Menurut saya, acara bersama Ganjar Pranowo tidaklah melanggar itu," ujar Windarti pada Tribunjogja.com, Selasa (26/2/2019).

Baca: Bundling Product, Trik Belanja Hemat di Gaudi Clothing Hartono Mall

Windarti pun kukuh dirinya bersama 31 kepala daerah lain tidak melanggar aturan kampanye.

Deklarasi pemenangan dari 31 kepala daerah termasuk dirinya sudah berjalan sesuai dengan aturan yang ada.

Ia menambahkan, acara tersebut juga diadakan pada hari Sabtu atau bukan hari kerja.

Dirinya pun hadir atas nama pribadi, melalui undangan WhatsApp dari Ganjar Pranowo, sebagai kader partai, dengan menggunakan kendaraan pribadi, tanpa menggunakan fasilitas negara.

"Kami merasa tidak melanggar aturan kampanye, dan tidak menyalahgunakan wewenang sebagai kepala daerah. Karena semua yang dilakukan sudah sesuai aturan. Acara berjalan bukan pada jam kerja. Saya datang juga atas nama pribadi, kader, karena Pak Ganjar itu senior partai dan saya kader, maka datanglah ke sana," ujarnya.

Baca: Paska Guguran Lava Merapi, Hujan Abu Sempat Turun di Magelang

Dalam deklarasi tersebut, Windarti mengatakan, Ganjar meminta para kader yang menjabat kepala daerah dapat menjaga kondusifitas.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved