Kerang Hijau Berbahaya Bisa Picu Kanker karena Tercemar Logam Berat

Logam berat yang mencemari membuat biota laut berbahaya untuk dikonsumsi. Logam tersebut dapat memicu penyakit kanker dan penyakit degeneratif

Kerang Hijau Berbahaya Bisa Picu Kanker karena Tercemar Logam Berat
Kompas.com/ARDITO RAMADHAN
Kulit kerang hijau di Kampung Kerang Ijo, Muara Angke, Jakarta Utara 

TRIBUNJOGJA.COM - Logam berat yang mencemari membuat biota laut di kawasan Teluk Jakarta berbahaya untuk dikonsumsi.

Menurut Guru Besar Bidang Ekobiologi dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) Etty Riani, logam tersebut dapat memicu penyakit kanker dan penyakit degeneratif non-kanker bagi manusia yang mengonsumsinya.

"Kalau untuk kerang hijau, batasnya 0,002 kilogram per minggu, itu batas makan kerang hijau untuk anak-anak dilihat dari kandungan logam Pb (timbal). Selebihnya akan sangat berpotensi terkena penyakit," ucap Etty, Senin (25/2/2019).

Sedangkan kalau dilihat dari kandungan Hg (merkuri)-nya hanya boleh 0,002 kilogram per minggu dan jika dilihat dari Cd (Kadmium) boleh sampai dengan 0,024 kilogram per minggu.

Etty melakukan penelitian di Teluk Jakarta bertahun-tahun. Berdasarkan hasil penelitiannya, pencemaran logam berat tersebut berasal dari limbah domestik dan limbah pabrik industri yang dibuang ke sungai.

Ia mengatakan, kadar zat logam berat yang ada di ikan berbeda dengan kerang. Di ikan dari Teluk Jakarta, menurut dia, hanya ada kandungan logam berat timbal (Pb) dan merkuri (Hg).

Sementara itu, pada kerang hijau, hampir semua logam berat ada di dalamnya. "Yakni Hg (merkuri), Cd (kadmium), Pb (timbal), Cr (krom), dan Sn (timah) yang tinggi sehingga membahayakan," ujar Etty.

Atas dasar itulah ia tidak menyarankan untuk mengonsumsi kerang hijau dari Teluk Jakarta. Kendati demikian, kata dia, tidak semua kerang hijau tercemar logam berat.

"Kerang hijau yang di Cirebon masih bagus kok," ucap dia.

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved