Pendidikan

Tingkatkan Kualitas, Disnakertrans DIY Akan Gelar Uji Kompetensi bagi Perawat

Tingkatkan Kualitas, Disnakertrans DIY Akan Gelar Uji Kompetensi bagi Perawat

Tingkatkan Kualitas, Disnakertrans DIY Akan Gelar Uji Kompetensi bagi Perawat
istimewa
Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Provinsi DIY melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) berupaya untuk meningkatkan kualitas perawat dengan mengadakan sertifikasi standar internasional melalui uji kompetensi.

Uji kompetensi ini akan dilaksanakan pada tanggal 4 Maret hingga 24 April 2019 mendatang.

“Uji kompetensi ini merupakan kesempatan bagi bagi lulusan D3 dan S1 Perawat/Ners untuk upskill dengan tujuan mendapatkan sertifikasi standar internasional,” ujar Kepala Seksi Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kesempatan Kerja Disnakertrans DIY, Tunggul Bomoaji, Senin (25/2/2019).

Berdasar data Disnakertrans DIY, kondisi jumlah penempatan pekerja migran Indonesia asal DIY dari tahun ke tahun mengalami fluktuasi. Pada akhir tahun 2018,  jumlah penempatan pekerja migran Indonesia asal DIY ada 1.543 orang.

Baca: Kembangkan Potensi Desa, STIE Mitra Indonesia Gelar Pelatihan Pengelolaan Medsos Bagi BUMDes di DIY

Seiring dengan adanya kebijakan baru, dan masih kurangnya kualitas pekerja migran Indonesia yang ada, maka diperlukan peningkatan keterampilan dan kompetensi bagi para pekerja ini.  Dia berharap peluang uji kompetensi ini dapat segera dapat ditangkap oleh lulusan D3 dan S1 Perawat di DIY.

Calon peserta diharapkan segera mendaftarkan diri ke Disnakertrans DIY di Jalan Lingkar Utara Maguwoharjo, Depok, Sleman, paling lambat tanggal 28 Februari 2019 dengan membawa persyaratan yang tertera di pengumuman.

Persaingan Global

Menurut Tunggul sertifikasi bagi perawat sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan tenaga kerja tingkat nasional maupun internasional. 

Utamanya dalam era pasar global saat ini. Selain itu, dengan telah diperolehnya sertifikat kompetensi, akan mempermudah bagi pengusaha dalam merekrut, menempatkan, sekaligus menetapkan tingkat upah.

Halaman
12
Penulis: ais
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved