Jawa

Ratusan Siswa di Kota Magelang Ikut Menyortir dan Melipat Surat Suara Pemilu 2019

KPU Kota Magelang sengaja mengajak siswa turut ambil bagian dalam satu dari beberapa tahapan Pemilu ini sebagai bagian dari pendidikan politik.

Ratusan Siswa di Kota Magelang Ikut Menyortir dan Melipat Surat Suara Pemilu 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri K
Para siswa SMK Negeri 3 Kota Magelang melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2019 di salah satu ruang kelas di SMK Negeri 3 Kota Magelang, Senin (25/2/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sebanyak 645 siswa SMK Negeri 3 Kota Magelang turut serta dalam penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 di Kota Magelang, Senin (25/2/2019).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang sengaja mengajak mereka turut ambil bagian dalam satu dari beberapa tahapan Pemilu ini sebagai bagian dari pendidikan politik.

"Kami bekerja sama dengan sekolah dan mengajak para siswa untuk melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Pertama, ini adalah pendidikan politik bagi para pemilih pemula. Sebagai warga negara, kita semua wajib menyukseskan Pemilu, berikut tahapannya," ujar Ketua KPU Kota Magelang, Basmar Perianto, Senin (25/2/2019) pada Tribunjogja.com di sela pelipatan surat suara di SMK Negeri 3 Kota Magelang.

Baca: STIE Mitra Indonesia Siapkan Mahasiswa yang Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Basmar mengatakan, para siswa ini dipilih karena mereka cakap dan paham tentang tata cara penyortiran dan pelipatan surat suara.

Dalam satu lembar surat suara, siswa membutuhkan waktu kurang dari 30 detik.

Satu pengawas dari PPS dan PPK ditempatkan di setiap ruang kelas yang menjadi tempat penyortiran dan pelipatan untuk memastikan hasil kerja mereka.

"Jumlah mereka yang cukup banyak juga akan mempercepat proses tersebut. Dengan jumlah tenaga yang banyak maka lebih cepat. Kontrol kita juga lebih mudah. Mereka juga cakap dan, langsung paham proses pelipatan," katanya.

Siswa sendiri berjumlah 645 siswa yang terdiri dari 297 siswa kelas XII yang ditempatkan di sembilan kelas, dan 348 siswa kelas X yang ditempatkan di 10 kelas.

Baca: Kumpulkan Youtuber dan Penggiat Media Sosial di Magelang, Bawaslu Ajak Awasi Media Sosial

Total sebanyak 19 ruang kelas yang dipergunakan.

Halaman
123
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved