Gunungkidul

Kotak Suara di Gunungkidul Kurang 200 Buah

Kotak suara untuk pemilu 2019 di Gunungkidul masih mengalami kekurangan sebanyak 200 buah.

Kotak Suara di Gunungkidul Kurang 200 Buah
internet
logo KPU 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL  - Kotak suara untuk pemilu 2019 di Gunungkidul masih mengalami kekurangan sebanyak 200 buah.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, Jumat (22/2/2019).

"Setelah dilihat lagi ternyata kami masih kekurangan kotak suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPPK) berkisar 200 kotak suara, kami sudah mengajukan lagi pengadaan kotak suara ke KPU pusat," katanya pada Tribunjogja.com.

Ia menjelaskan aturan awalnya adalah 11 kotak per TPS namun setelah ada kebijakan baru yang memperbolehkan satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjumlah 27 kotak suara pihaknya melakukan pendataan dan ditemukan adanya kekurangan tersebut.

Baca: Lebih Dekat dengan Rizki Rahma Nurwahyuni, Dalang Cantik dari Yogyakarta

"Kotak suara yang diajukan kepada KPU pusat sebanyak 200 kotak tadi nantinya untuk beberpa TPS di Gunungkidul, mengingat sejumlah TPS kekurangan kotak suara untuk menampung surat suara," ujarnya.

Dirinya menambahkan saat ini KPu Gunungkidul sedang menunggu pendistribusian surat suara dan kotak suara tambahan, setelah semua logistik untuk pemilu terdistribusi di KPU Gunungkidul barulah KPU melakukan pendistribusian di tiap kecamatan di Gunungkidul.

Sementar itu Komisioner Pengawas, Humas dan antar lembaga, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gunungkidul, Rosita mengatakan pihaknya telah mengawasi secara periodik terkait dengan logistik pemilu 2019.

Baca: KPU Bantul Gandeng Kejaksaan Negeri, Antisipasi Sengketa Pemilu 2019

"KPU sudah mengantisipasi hal tersebut (kekurangan) dari pantauan kami ada kotak suara yang rusak sebanyak satu buah, sedangkan kekurangan kotak suara ada 208 dan sudah melakukan pebngajuan sebanyak 209 kotak," katanya.

Kedepannya Bawaslu akan tetap melakukan pengawasan secara periodik terkait dengan kondisi kotak suara karena kotak suara disimpan di tiga tempat.

"Pengawasan dilakukan baik dari segi kondisi fisik kotaknya hingga keamanan kotak suara tersebut. Pihak KPU juga telah mengantisipasi kerusakan kotak suara dari mulai kemungkinan rusak oleh cuaca hingga gangguan yang lainnya," pungkasnya.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved