ADVERTORIAL

Adakan Family Day, KB-TK Tarakanita Bumijo Dekatkan Anak pada Orangtua dan Alam

Kegiatan ini memang sengaja dirancang agar anak memiliki quality time bersama dengan keluarganya.

Adakan Family Day, KB-TK Tarakanita Bumijo Dekatkan Anak pada Orangtua dan Alam
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
KB-TK Tarakanita Bumijo mengadakan Family Day di Banyu Sumilir Outbound & Camp, Sleman pada Jumat (22/2/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Untuk melatih keberanian dan mendekatkan anak kepada orangtuanya, KB-TK Tarakanita Bumijo mengadakan Family Day di Banyu Sumilir Outbound & Camp, Sleman pada Jumat (22/2/2019).

Selain outbound yang diikuti oleh anak-anak beserta orangtuanya, kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini juga bertujuan agar anak-anak lebih mengenal alam dan belajar untuk mandiri.

Ketua Panita, CH Sri Retno Sundari menerangkan, selain diikuti seluruh murid KB-TK Tarakanita yang berjumlah 167 anak, kegiatan ini juga diikuti oleh orangtua, saudara bahkan nenek dari murid tersebut.

Dia menjelaskan jika kegiatan ini memang sengaja dirancang agar anak memiliki quality time bersama dengan keluarganya.

Baca: Lebih Dekat dengan Rizki Rahma Nurwahyuni, Dalang Cantik dari Yogyakarta

"Kegiatan ini memang sengaja kita rancang agar anak bisa semakin dekat dengan orangtuanya. Bahkan, disini kakak, bude, bahkan nenek dari murid kita ada yang ikut. Di sini anak bisa belajar mengenal alam dengan cara outbound. Anak juga dilatih untuk mandiri," terangnya pada Tribunjogja.com.

Retno menerangkan dalam Family Day ini dari pagi sampai siang anak akan full ditemani oleh orangtuanya.

Tidak hanya itu, nantinya anak-anak akan melakukan permainan bersama dengan orangtuanya untuk melatih kekompakan.

"Di dalam kegiatan ini selain anak melakukan permainan sendiri, ada pula yang bersama dengan orangtuanya. Seperti halnya tangkap ikan dan meniti jembatan bambu. Disana akan kita lihat bagaimana kekompakan antara orangtua dan anak, dengan begitu, orangtua juga akan mengerti mengenai bagaimana anaknya ketika menghadapi tantangan," terangnya.

Bernadetta Purwanti Anggraeni Kepala KB-TK Tarakanita Bumijo menjelaskan jika kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan untuk membiasakan anak untuk memiliki daya juang dan mandiri menghadapi tantangan permainan yang ada.

Baca: SD Tarakanita Bumijo Ajak Siswa Bela Rasa Melalui Baksos

Kegiatan yang dilakukan di alam, juga akan memberikan dampak yang positif bagi anak agar lebih bisa bersyukur dengan karunia Tuhan.

"Disini anak akan bisa belajar menerima tantangan. Kalau di rumah, biasanya anak diberi kemudahan ketika dia menginginkan sesuatu. Makanya, disini kita latih untuk bisa melewati tantangan dalam permainan. Agar anak juga memiliki daya juang," ungkapnya.

Anggraeni menjelaskan jika usia anak-anak merupakan masa emas, dimana dalam usia ini anak harus rutin ditanamkan untuk bisa mandiri dan berani menghadapi situasi apapun.

"Saya yakin dengan hal yang kecil seperti ini akan berdampak pada cara berpikir anak. Disini memang dilatih kecerdasan anak. Harapannya selain orangtua memiliki kedekatan dengan anaknya, sesama orangtua murid juga akan saling mengenal," katanya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved