Pendidikan

Siswa SD Juara Yogyakarta Belajar Membuat Batik Shibori

Sebagai bentuk pelestarian budaya, SD Juara Yogyakarta mengadakan ekstra kurikuler membatik pada siswa kelas 6.

Siswa SD Juara Yogyakarta Belajar Membuat Batik Shibori
istimewa
Pada ekstra kurikuler membatik yang digelar Senin (19/2/2019) lalu, siswa SD Juara Yogyakarta diajak untuk membuat batik Shibori untuk dijadikan taplak meja. 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagai bentuk pelestarian budaya, SD Juara Yogyakarta mengadakan ekstra kurikuler membatik pada siswa kelas 6.

SD Juara Yogyakarta sendiri merupakan model sekolah gratis berkualitas yang dikelola oleh Rumah Zakat, yang muridnya berasal dari keluarga yatim dan dhuafa.

Pada ekstra kurikuler membatik yang digelar Senin (19/2/2019) lalu, siswa diajak untuk membuat batik Shibori untuk dijadikan taplak meja.

Ada 25 siswa yang berpartisipasi.

Baca: Lebih Dekat dengan Rizki Rahma Nurwahyuni, Dalang Cantik dari Yogyakarta

"Pembuatan Batik Shibori ini merupakan satu dari beberapa tugas belajar siswa kelas 6 dalam mengembangkan karya atau produk yang dihasilkan dari tangan mereka sendiri. Siswa diberikan ruang ekspresi untuk membuat batik secara langsung," ujar Aris Pambudi selaku Media & Relations Officer Rumah Zakat Yogyakarta melalui siaran resmi yag diterima Tribunjogja.com.

Selain untuk mengenal dan mencintai budaya lokal, ia berharap kegiatan ini menambah hard skill siswa di bidang membatik.

Ia melanjutkan, proses pembuatan batik shibori sendiri dimulai dengan melipat kain sesuai motif yang diinginkan menggunakan bantuan stik es krim, kemudian diikat dengan tali.

Selanjutnya kain yang telah dilipat dan diikat dicelupkan di air yang bersih agar dalam pewarnaannya nanti warna bisa meresap ke kain dengan merata.

Baca: Rumah Zakat Beri Pendampingan untuk Posyandu Kasih Ibu di Gunungkidul

Kain yang sudah dicelup air bersih kemudian direndam dalam pewarna, ditahan hingga seluruh kain terendam namun tetap pada permukaan pewarna.

Kemudian kain diangkat dan dikeringkan, kemudian dibilas dengan air bersih kembali.

Halaman
12
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved