Pemilu 2019

Puluhan Kotak Suara Pemilu 2019 di Kabupaten Magelang Rusak

KPU Kabupaten Magelang temukan 70 buah kotak suara untuk Pemillihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Pemilihan Umum Tahun 2019 rusak

Puluhan Kotak Suara Pemilu 2019 di Kabupaten Magelang Rusak
Tribun Jogja/ Rendika Ferri Kurniawan
Wakapolres Magelang, Kompol Eko Mardiyanto, menunjukkan kotak suara yang diduga mengalami kerusakan saat melakukan pemantauan terhadap pengamanan logistik Pemilu 2019 di GOR Gemilang, komplek Pemerintah Kabupaten Magelang, Kamis (21/2/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang menemukan sebanyak 70 buah kotak suara untuk Pemillihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 rusak, Kamis (21/2/2019).

Kerusakan yang terjadi antara lain akibat robek pada badan kotak suara dan sebab lainnya.

"Ada sebanyak 70 buah kotak suara yang kami temukan mengalami kerusakan. Rusak ini akibat robek dan sebab lainnya," ujar Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afifuddin, Kamis (21/2/2019) setelah melakukan pemantauan di delapan gedung penyimpanan logistik dan surat suara Pemilu 2019 di Kabupaten Magelang.

Baca: KPU Sleman Temukan Kotak Suara Rusak

Baca: Jaga Kondisi Kotak Suara, KPU Sleman Gunakan Semprotan Anti Rayap

Lanjut Afifuddin, atas kerusakan ini, pihaknya pun langsung melakukan pendataan dan membuat laporan kepada KPU Provinsi Jawa Tengah dan KPU pusat terkait kerusakan kotak suara tersebut.

Pihaknya meminta penggantian kotak suara yang telah rusak, dengan kotak suara yang masih layak.

"Kami langsung membuat laporan untuk disampaikan kepada KPU Provinsi dan KPU RI. Kotak suara yang rusak nanti akan ditukar dengan kotak suara yang layak pakai," katanya.

Adapun jumlah kotak suara yang dirakit ada sebanyak 21.668 buah. Kebutuhan untuk 4.331 TPS, yakni 21.457 buah, dan 231 buah untuk tiap PPK. Setiap PPK mendapatkan jatah 11 buah kotak suara.(tribunjogja)

Penulis: rfk
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved