Pendidikan

UIN Sunan Kalijaga Sediakan 3.680 Kursi Bagi Mahasiswa Baru

Pada tahun ini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyediakan kuota Program Sarjana sebanyak 3.680.

UIN Sunan Kalijaga Sediakan 3.680 Kursi Bagi Mahasiswa Baru
istimewa
Sebanyak 272 sekolah tingkat SMA se-DIY mengikuti sosialisasi Seleksi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang diadakan UIN Sunan Kalijaga pada Selasa (19/2) di Gedung Prof. RHA. Soenarjo, UIN Sunan Kalijaga. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pada tahun ini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyediakan kuota Program Sarjana sebanyak 3.680.

Kuota tersebut nantinya akan dibagi ke dalam lima jalur masuk yakni SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan Mandiri

Untuk SPAN-PTKIN yang merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis yang diikuti oleh seluruh PTKIN, mendapatkan alokasi sebanyak 472 kursi.

Sedangkan untuk UM-PTKIN, yang merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia mendapatkan kursi sebanyak 1.182.

Baca: UIN Sunan Kalijaga Gelar Sosialisasi SPAN PTKIN dan UM PTKIN

Kedua jalur ini sendiri disediakan sebanyak 24 prodi dari enam fakultas yang ada di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yakni Adab dan Ilmu Budaya, Dakwah dan Komunikasi, Syariah dan Hukum, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Ushuluddin dan Pemikiran Islam, serta Ekonomi dan Bisnis Islam.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yudian Wahyudi saat melakukan sosialisasi kepada 272 sekolah tingkat SMA se-DIY mengenai kedua jalur tersebut pada Selasa (19/2/2019) menjelaskan jika tahun ini ada beberapa perubahan-perubahan yang harus diketahui oleh sekolah dan calon mahasiswa.

Dia mengungkapkan untuk seleksi SPAN-PTKIN sendiri dimulai dengan pengisian PDSS, verifikasi dan pendaftaran yang sudah dimulai sejak Januari-28 Februari 2019.

Baca: UIN Sunan Kalijaga Luluskan 696 Sarjana

Untuk pengumuman hasil seleksi yakni pada tanggal 1 April 2019, dan pendaftaran ulang dilakukan pada 4-17 April 2019.

Sedangkan untuk UM-PTKIN pembayaran dilakukan pada 2-9 April 2019, pendaftaran tanggal 2-30 April 2019, ujian tulis pada 28 Mei 2019, dan pengumuman dilakukan pada 1 Juli 2019.

"Banyak perubahan sehingga ada sosialiasi disini, menyangkut jumlah kouta, jumlah fakultas dan prodi, waktu untuk daftar. Yang paling penting adalah memberikan pemahaman kepada kepala sekolah, yang akan disampaikan kepada siswa," terangnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved