Yogyakarta

SMK Salah Satu Penyumbang Besar Pengangguran di DIY

Hal tersebutlah yang juga menjadi perhatian pemerintah dari stakeholder terkait untuk meninjau kembali materi yang diberikan di SMK dengan kebutuhan

SMK Salah Satu Penyumbang Besar Pengangguran di DIY
net
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Jumlah angka pengangguran di DIY pada tahun 2018 mengalami peningkatan dibandingkan dengan 2017.

Jika pada tahun 2017 jumlah pengangguran tercatat sebanyak 63.719 orang, maka pada tahun 2018 meningkat menjadi 73.350 orang.

Sriyati Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DIY menjelaskan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) angka pengangguran di DIY mengalami peningkatan sebesar 9.631 orang di tahun 2018.

Untuk data pengangguran di Kabupaten Sleman menempati urutan pertama yakni sejumlah 29.692 orang.

Untuk Kota Yogyakarta sejumlah 14.897 orang, Bantul 15.734 orang, Gunungkidul 9.249 orang dan Kulonprogo sejumlah 3.778 orang.

Baca: Angka Pengangguran di DIY Alami Peningkatan

"Di tahun 2019 kita masih menggunakan data Agustus 2018. Untuk jumlah pengangguran sendiri memang mengalami penambahan," terangnya.

Dia menerangkan jika kebanyakan dari pengangguran tersebut merupakan lulusan SMK, dimana salah satu penyebabnya yakni tidak match-nya antara lulusan SMK dengan kualifikasi yang dibutuhkan di dunia kerja.

"Selain SMK, memang ada unsur non teknisnya, yakni mereka baru saja lulus, sehingga pada bulan Agustus saat dilakukan pendataan mereka memang belum mendapatkan pekerjaan dalam waktu tiga bulan," ungkapnya.

Selain itu, Sriyati menjelaskan jika DIY sendiri merupakan kota pelajar, dimana banyak mahasiswa yang setelah lulus dari Perguruan Tinggi memilih untuk tinggal di DIY sambil menunggu diterima kerja.

Hal tersebut juga yang menjadi penyumbang cukup besar angka pengangguran di DIY karena BPS sendiri melakukan survei tidak hanya pada warga yang ber-KTP Yogyakarta, namun juga yang sudah berdomisili di DIY lebih dari 6 bulan.

Baca: Ada Proyek Bandara NYIA, Pengangguran di Kulon Progo Menurun Drastis

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved