Pendidikan

AAU dan UII Teken Kerjasama di Bidang Pendidikan dan Penelitian

AAU dan UII Teken Kerjasama di Bidang Pendidikan dan Penelitian. Kerja sama ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas di kedua instansi.

AAU dan UII Teken Kerjasama di Bidang Pendidikan dan Penelitian
Tribun JOgja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Universitas Islam Indonesia (UII) menjalin kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian dengan melakukan penandatanganan MoU di VIP Room AAU, Selasa (19/2/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Universitas Islam Indonesia (UII) menjalin kerjasama di bidang pendidikan dan penelitian.

Perjanjian ini ditandatangani oleh Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Fachri Adamy yang mewakili Gubernur AAU Marsma TNI Tatang Harlyansyah SE MM dan Rektor UII Fathul Wahid di VIP Room AAU, Selasa (19/2/2019).

Jalinan kerjasama ini merupakan bentuk upaya meningkatkan kualitas pendidikan di kedua institusi. Selain itu juga sebagai payung hukum dalam bertukar ilmu pengetahuan baik di antara peserta didik maupun dosen serta untuk pengembangan potensi di kedua institusi.

Marsma TNI Fachri Adamy mengatakan, sebagai lembaga pendidikan yang mencetak lulusan untuk mengawal organisasi Angkatan Udara (AU), maka dituntut selalu meningkatkan kualitas peserta didiknya. Di antaranya dengan menjalin kerja sama dengan institusi lain.

Baca: 3.680 Kursi Tersedia Bagi Mahasiswa Baru di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Baca: UIN Sunan Kalijaga Sediakan 3.680 Kursi Bagi Mahasiswa Baru

"Khusus dengan UII ini, kerja sama bukan hanya pada materi pendidikan tapi juga soal fasilitas dan tenaga pengajar. Sehingga kualitas lulusan yang dihasilkan, baik di AAU maupun UII akan lebih baik seperti yang diharapkan," kata Fachri Adamy usai penandatangani perjanjian.

Fachri menerangkan, UII dan AAU bisa memanfaatkan dan mengunakan fasilitas yang ada, seperti laboratorium maupun sarana dan prasarana lainnya untuk pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan.

"Sebagai tindak lanjut dari kerja sama ini segera menyesuaikan program studi apa yang yang sesuai untuk dikembangkan, baik di AAU maupun UII," lanjutnya.

Kerja sama ini juga sebagai implementasi dari tinjauan aspek tanggap AAU, yaitu dengan mengedepankan transfer ilmu pengetahuan.

Baca: UIN Sunan Kalijaga Gelar Sosialisasi SPAN PTKIN dan UM PTKIN

Tidak hanya sebatas penggunaan fasiitas pendidikan dan riset. Namun juga terbuka bagi dosen AAU dan UII untuk meningkatkan ke jenjang lebih tinggi.

Sementara itu, Rektor UII Yogyakarta, Fathul Wahid mengatakan kerja sama ini merupakan awal yang baik untuk kemajuan dan perkembangan kedua institusi ke depan, baik untuk peningkatan kualitas akademik maupun karakter.

Untuk itu, UII berharap nantinya AAU bisa memberikan pendidikan kepada mahasiswa UII tentang bela negara di tempat ini.

"Kami juga berharap banyak kegiatan lagi yang bisa dilakukan, sehingga akan membawa manfaat bersama. Untuk akademik kemungkinan program studi (prodi) Teknik Industri dan Teknik Elektro UII yang bisa disinergikan dengan AAU," tutupnya.(tribunjogja)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved