Gunungkidul

1431 Pedukuhan di Gunungkidul Sudah Miliki Bank Sampah

DLH Gunungkidul terus genjot program bank sampah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

1431 Pedukuhan di Gunungkidul Sudah Miliki Bank Sampah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gunungkidul terus genjot program bank sampah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Kepala DLH Gunungkidul Agus Priyanta, mengatakan pihaknya terus mensosialisasikan program bank sampah hingga tataran RT/RW.

Hingga saat ini sudah ada 1431 padukuhan sudah memiliki bank sampah.

"Melalui bank sampah masyarakat dapat memilah dan memilih sampah plastik sebelum diambil oleh para petugas, dan program bank sampah terus berkembang tidak hanya mengajak untuk peduli akan lingkungan namun dengan adanya bank sampah telah menjadi pemberdayaan masyarakat," katanya, Selasa (19/2/2019).

Baca: Hadapi Perkembangan Kota, Wates Perlu Pembenahan Drainase

Baca: Bantul Smart City - Hadirkan Pemerintahan Transparan dan Pelayanan Publik yang Baik

Tak hanya melalui program bank sampah pihaknya juga terus mensosialisasikan gerakan 3R yaitu reuse (menggunakan kembali), reduce (mengurangi), dan recycle (mengolah kembali sampah).

Program tersebut ditindak lanjuti dengan penerbitan Surat Keputusan (SK) bupati, yang telah terbit pada tahun lalu. Warga juga telah diajarkan bagaimana cara memilah sampah agar mudah dalam pengelolaannya.

"Pengelolaan sampah organik dapat dijadikan kompos sedangkan anorganik dapat dijual kembali kepada para pengepul, jika sudah maka residunya yang akan dibuang ke tempat pembuangan akhir," jelasnya.(tribunjogja)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved