Kota Yogya

Tingkatkan Lama Kunjungan Wisatawan, Pemkot Yogya Maksimalkan Peran Kampung Wisata

Tingkatkan Lama Kunjungan Wisatawan, Pemkot Yogya Maksimalkan Peran Kampung Wisata

Tingkatkan Lama Kunjungan Wisatawan, Pemkot Yogya Maksimalkan Peran Kampung Wisata
Tribunjogja.com/wsn
Kampung wisata code Jetisharjo Cokrodiningratan Kota Yogyakarta, Minggu (14/10/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM - Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta terus mengupayakan untuk memperpanjang lama tinggal wisatawan yang berkunjung ke Yogya.

Tahun ini, lama kunjungan ditargetkan 2,04 hari.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Yetty Martanti mengatakan untuk mencapai target tersebut memang tidak mudah. Perlu kerja keras semua pihak terkait.

"Target lama tinggal untuk 2019 selama 2,04 hari. Biasanya tidak sampai dua hari, makanya diperlurkan kerja keras supaya target ini bisa tercapai," katanya, Senin (18/2/2019).

Baca: Pengelolaan Wisata Terkendala Perbatasan Wilayah

Baca: Pokdarwis Gua Pindul Rencanakan Kembangkan Edupark untuk Antisipasi Penurunan Pengunjung

Yetty menjelaskan lama tinggal dihitung dari jumlah wisatawan yang tinggal di hotel. Namun saat ini banyak wisatawan yang memilih homestay atau penginapan. Hal itu yang menyebabkan lama tinggal wisatawan tidak terdata.

Melihat fakta tersebut, ia menilai bahwa kampung wisata justru berpeluang untuk mendongkrak lama tinggal wisatawan. Apalagi ada sekitar 17 kampung wisata di kota Yogyakarta.

Ia pun optimis bahwa kampung wisata mampung meningkatkan lama tinggal wisatawan.Hal itu karena kampung wisata tidak hanya menyediakan hiburan, tetapi juga pengalaman dan edukasi.

"Kampung wisata justru menjadi alternatif, karena disana (kampung wisata) menawarkan banyak hal. Pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan, tetapi juga mendapat pengalaman dari aktivitas selama di kampung wisata," jelasnya.(tribunjogja)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved