Gunungkidul

Tonjolkan Sektor Pariwisata, Pemkab Gunungkidul Mulai Bangun Smart City

Pemkab Gunungkidul berencana memulai pembangunan smart city dengan menonjolkan pada sektor pariwisata pada tahun 2019 ini.

Tonjolkan Sektor Pariwisata, Pemkab Gunungkidul Mulai Bangun Smart City
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Pemkab Gunungkidul berencana memulai pembangunan smart city dengan menonjolkan pada sektor pariwisata pada tahun 2019 ini.

Sektor pariwisata sendiri selama ini menjadi andalan Kabupaten Gunungkidul.

Kepala Bidang Layanan Informatika, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Gunungkidul, Kelik Yuniantoro menuturkan produk dari pariwisata dengan memanfaatkan smart city adalah e-tourism.

"Biasanya wisatawan setelah berwisata pengunjung akan membagikan foto-foto atau menceritakan pengalaman berwisata melalui sosial media, dari data-data tersebut dapat kami olah datanya," katanya pada Tribunjogja.com, Kamis (14/2/2019).

Sehingga menurut Kelik dengan sistem seperti itu secara tidak langsung pemerintah kabupaten melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat berinteraksi dengan masyarakat ataupun wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat wisata di Gunungkidul.

Baca: Palette: Tips Memakai Maskara untuk Pemula

"Jadi data tersebut kan bisa dilihat mana yang paling banyak tempat wisata yang dikunjungi mana yang kurang diminati, kalau ada yang kurang diminati itu disebabkan oleh apa OPD terkait dapat memperbaiki hal tersebut," imbuhnya.

Ia menjelaskan selain interaksi antara masyarakat dengan pemerintah kabupaten, dengan menggunakan e-tourism wisatawan juga dapat dilayani sebelum wisatawan tersebut hadir di Kabupaten Gunungkidul.

"Maksudnya wisatawan dilayani sebelum datang ke tempat wisata adalah, wisatawan akan disuguhkan digitalisasi tempat-tempat wisata, selain itu juga ada e-tiketing, e-hotel, e-kuliner, e-transport yang dapat dipilih sebelum wisatawan tersebut masuk ke Gunungkidul," jelasnya.

Dia menuturkan dengan adanya e-tourism dengan memanfaatkan smart city, Pemkab tidak lagi berorientasi berapa jumlah wisatawan yang masuk ke Gunungkidul, tetapi akan berubah menjadi apa yang dirasakan para wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul.

Baca: Kominfo Gunungkidul Targetkan Tahun Ini Selesai Pasang Internet di Desa

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved