Tak Diminati Maskapai, Airbus Hentikan Produksi Pesawat A380 Superjumbo

Pesawat "double-decker" ini amat disukai penumpang tetapi tak mampu membuat banyak maskapai membelinya untuk menutup biaya produksinya yang besar.

Tak Diminati Maskapai, Airbus Hentikan Produksi Pesawat A380 Superjumbo
IST/SCMP
Pesawat berbadan besar Airbus A380. Airbus memastikan menghentikan produksi pesawat A380 pada Kamis (14/2/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM - Perusahaan dirgantara raksasa Eropa, Airbus, memutuskan untuk menghentikan produksi pesawat A380 Superjumbo.

Pesawat "double-decker" ini amat disukai penumpang tetapi tak mampu membuat banyak maskapai membelinya untuk menutup biaya produksinya yang besar.

Perusahaan itu mengatakan, akan menghentikan pengiriman A380 pada 2021 setelah maskapai penerbangan Emirates mengurangi pesanannya sebanyak 39 unit.

"Menyusul evaluasi operasional, dan dalam perkembangan pesawat da teknologi mesin, Emirates mengurangi pesanan A380 dari 162 menjadi 123 unit," demikian pernyataan resmi Airbus, Kamis (14/2/2019). 

"Sebagai konsekuensinya dan minimnya pesanan dari maskapai lainnya, Airbus akan menghentikan pengiriman A380 pada 2021," ujar pernyataan tersebut.

Airbus selama beberapa tahun terakhir terpaksa memperlambat produksinya dan pada Januari 2018 perusahaan menegaskan menghentikan program A380 jika tak ada pesanan baru yang masuk.

Pesanan dalam jumlah besar dari Emirates sempat memberikan harapan bagi perusahaan ini. Namun, bulan lalu Airbus mengakui harus mempertimbangkan masa depan A380.

Dalam pernyataannya, Airbus akan mengirim 14 unit A380 terakhir untuk Emirates dalam waktu dua tahun.

Perusahaan itu menambahkan, sebagai gantinya Emirates memesan 70 pesawat berukuran lebih kecil.

"Keputusan Emirates untuk mengurangi pesanan A380-nya artinya Airbus tak memiliki jaminan dan basis produksi berkelanjutan, meski kami sudah mencoba dengan maskapai lain dalam beberapa tahun terakhir," kata CEO Airbus, Tom Enders. (Ervan Hardoko)

.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tak Banyak Maskapai Berminat, Airbus Hentikan Produksi A380 Superjumbo"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved