Kota Yogya

Pemkot Yogya Segera Terapkan Free Light untuk Kendaraan Khusus

Free light sendiri dimaksudkan agar kendaraan khusus misalkan kendaraan gawat darurat bisa terbebas dari lampu merah secara otomatis.

Pemkot Yogya Segera Terapkan Free Light untuk Kendaraan Khusus
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta segera menerapkan sistem free light di beberapa simpang yang ada di Kota Yogyakarta.

Free light sendiri dimaksudkan agar kendaraan khusus misalkan kendaraan gawat darurat dan kepala negara maupun kepala daerah serta pejabat setingkat itu, bisa terbebas dari lampu merah secara otomatis.

Baca: Polresta Solo Resmi Berlakukan Tilang Elektronik, 66 CCTV Sudah Terpasang

Kasi Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Windarto menjelaskan bahwa cara kerja free light ditentukan pada detektor yang dipasang di simpang serta detektor di mobil khusus yang disebut on board unit (OBU).

"Jadi detektor akan dipasang 100meter dari simpang. Kendaraan darurat atau kepala daerah yang telah dipasang OBU, akan dipindai oleh detektor dan mempercepat siklus merah traffic light sehingga saat melintas lampu akan berubah hijau," ujarnya pada Tribunjogja.com, Kamis (14/2/2019).

Hal tersebut juga berlaku saat lampu hijau menyala.

Baca: Palette: Tips Memakai Maskara untuk Pemula

Windarto mengatakan bahwa detektor akan menahan lampu hijau lebih lama agar seluruh kendaraan khusus tersebut terbebas dari antrean kendaraan di traffic light.

Durasi lampu hijau yang biasanya 20 detik misalkan, akan berubah menjadi 40 detik.

"Selama ini sebenarnya sudah kita lakukan, tapi secara manual melalui control room kami di kantor. Begitu ada kendaraan khusus, kami hold lampu hijau lebih lama. Tapi nanti akan jadi otomatis," ucapnya.

Ia menambahkan, bahwa sistem yang sama juga pernah diterapkan di DKI Jakarta.

Halaman
12
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved