Yogyakarta

Kenaikan Penumpang Mulai Terlihat di Bandara Adisutjipto

Kenaikan jumlah penerbangan mencapai 4,6% sementara kenaikan jumlah penumpang mencapai 3,7%.

Kenaikan Penumpang Mulai Terlihat di Bandara Adisutjipto
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Suasana di Bandara Internasional Adisutjipto pada Kamis (14/2/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Yogyakarta, Agus Pandu Purnama menjelaskan jika penurunan penumpang di Bandara Internasional Adisutjipto memang terjadi setelah liburan tahun baru berlangsung.

Hal tersebut lebih dikarenakan low season yang memang terjadi setiap tahunnya.

Akan tetapi, Pandu menerangkan jika saat ini sudah mulai nampak kenaikan penumpang.

"Ada 1046 penerbangan yang dibatalkan bulan lalu, rata-rata turunnya sebanyak 13%. Sekarang sudah mulai ada peningkatan dibandingkan dengan bulan lalu, termasuk cancel flight sudah sedikit, tidak sebanyak bulan lalu. Insyaallah Maret aman, makin normal," terangnya pada Tribunjogja.com pada Kamis (14/2/2019).

Dia menerangkan bukan hanya penerbangan saja yang mengalami low season, hotel, kuliner dan yang lainnya juga mengalami hal yang sama

Baca: Palette: Tips Memakai Maskara untuk Pemula

"Low season memang sudah dari tahun ke tahun. Memang dimana-mana low season. Hanya sekarang ada tambahan cuaca kurang menentu, transportasi darat lebih bagus, seperti kertas api, jalan tol. Selain itu mungkin juga pesawat ada yang lebih mahal, bagasi berbayar, itu juga menjadi faktor pemicu," ungkapnya.

Untuk kenaikan sendiri, Pandu menjelaskan jika untuk penerbangan sudah naik 4,6% dan untuk penumpang sebanyak 3,7%.

"Ini sudah naik. Ke depan insyaallah bisa pulih. Karena kalau kita bandingkan dengan transportasi lain, segmen transportasi udara kan berbeda, artinya orang yang sudah biasa menggunakan transportasi udara pasti akan pakai. Orang tertentu yang menginginkan kecepatan, pasti menggunakan sarana udara, baik pengiriman barang maupun orang," ungkapnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved