Pendidikan

UIN Sunan Kalijaga Luluskan 696 Sarjana

Total jumlah lulusan atau alumni UIN Sunan Kalijaga adalah 59.413 orang, 607 orang di antaranya bergelar Doktor, dan 5.358 bergelar Magister.

UIN Sunan Kalijaga Luluskan 696 Sarjana
istimewa
UIN Sunan Kalijaga mewisuda sejumlah 696 sarjana baru pada Rabu (13/2/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - UIN Sunan Kalijaga mewisuda sejumlah 696 sarjana baru pada Rabu (13/2/2019).

Selama ini UIN Sunan Kalijaga berkomitmen untuk terus memacu semua mahasiswa untuk bisa meraih prestasi, baik prestasi akademik maupun non akademik di tingkat nasional bahkan internasional.

Baca: Pendaftaran SNMPTN 2019 Diperpanjang hingga Sabtu 16 Februari 2019

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yudian Wahyudi, memaparkan bahwa pihaknya berhasil mempertahankan peringkat A Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dengan skor 372 setelah melalui proses visitasi dan penilaian oleh lima orang asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Skor ini jauh lebih tinggi dibandingkan hasil akreditasi sebelumnya pada tahun 2014, yaitu 361.

Pencapaian ini merupakan kebanggaan bagi keluarga besar sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga.

Hasil ini diperoleh berkat kerja keras dan kerjasama semua unit, di bawah koordinasi Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Kalijaga.

Baca: Palette: Tips Memakai Maskara untuk Pemula

"Capaian ini membuktikan bahwa penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi di UIN Sunan Kalijaga telah memenuhi standar mutu nasional, sehingga out put lulusan yang dihasilkan terjamin kualitasnya dan memenuhi ekspektasi stakeholders," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Sutrisno melaporkan, sejumlah sarjana yang diwisuda terdiri kali ini adalah empat orang lulus D3, 560 orang lulus S1, 117 orang lulus S2, dan 15 orang lulus S3.

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, sampai dengan wisuda hari ini, jumlah lulusan atau alumni UIN Sunan Kalijaga adalah 59.413 orang, 607 orang di antaranya bergelar Doktor, dan 5.358 bergelar Magister.

Baca: Nurul Kamilati Lulus Jadi Doktor ke-632 dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

"Dari yang diwisuda kali ini, 45,18% lulus dengan predikat cumloude, 53,04 % lulus dengan predikat sangat memuaskan, dan hanya 1,60 % yang lulus dengan predikat memuaskan," tuturnya.

Ditambahkannya, sepanjang tahun 2018 ada sebanyak 242 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang berhasil maraih prestasi akademik - non akademik dan mendapatkan penghargaan baik di tingkat propinsi, nasional maupun internasional.

"Dengan prestasi-prestasi yang diraih, ke depan tentunya akan menjadi bekal mereka berkiprah memajukan masyarakat Indonesia," papar Sutrisno.(*)

Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved