Gunungkidul

KPU Gunungkidul Rakit 13.868 Kotak Suara

Untuk melakukan perakitan kotak suara KPU Gunungkidul meminjam gedung bekas Pengadilan Agama Wonosari.

KPU Gunungkidul Rakit 13.868 Kotak Suara
internet
logo KPU 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Total 13.868 kotak suara mulai dirakit oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak Selasa (11/2/2019).

Untuk melakukan perakitan kotak suara KPU Gunungkidul meminjam gedung bekas Pengadilan Agama Wonosari.

Komisioner KPU Gunungkidul, Divisi Hukum, Rohmad Komaruddin, mengatakan untuk menyimpan kotak suara yang telah dirakit akan dibagi menjadi dua tempat yaitu di gedung bekas pengadilan agama dan gudang milik KPU Gunungkidul.

"Awal perakitan tenaga perakit hanya empat orang tetapi untuk hari ini ditambah 11 orang jadi totalnya 15 orang, surat suara yang berada di gedung bekas pengadilan agama juga tidak dirakit semua karena akan melihat kembali ketersediaan ruangannya," ujarnya saat ditemui Tribunjogja.com di Kantor KPU Gunungkidul, Rabu (13/2/2019).

Baca: Palette: Tips Memakai Maskara untuk Pemula

Ia menjelaskan untuk penyimpanan kotak suara dilakukan perlakuan khusus mengingat bahan kotak suara yang dibuat dari karton dupleks.

Bentuk perlakuan khusus yaitu setelah jadi kotak suara akan dibungkus plastik.

"Jadi sebelum kami menempati gedung itu kami lakukan pengecekan saat hujan ternyata ada beberapa tempat yang bocor langsung kita perbaiki. Setelah itu kami lakukan penyemprotan untuk anti rayap dan tikus," jelasnya.

Ia melanjutkan pada hari pertama perakitan pekerja dapat merakit kurang lebih 380 kotak suara pada hari ini pihaknya menargetkan pekerja dapat merakit kurang lebih 1000 kotak suara.

Baca: KPU DIY Jalin Kerjasama dengan UAJY Lewat Event KPU Goes to Campus

"Terkait pengamanan salain dari pihak KPU Gunungkidul kami juga berkoordinasi dengan Polres Gunungkidul," katanya.

Sementara itu ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani, mengatakan untuk penyimpanan nantinya akan dibagi menjadi dua tempat yaitu Gudang KPU Gunungkidul dan gedung bekas pengadilan agama.

"Sejauh ini selama merakit kotak suara tidak mengalami kesulitan, kami juga telah menambah tenaga untuk itu," ucapnya.

Hani mengatakan untuk antisipasi kerusakan kotak suara pihaknya memasang kayu palet di atas lantai gudang penyimpanan atau gedung bekas pengadilan agama, selain itu juga dilakukan penyemprotan fumigasi dan disinfektan anti rayap.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved