ADVERTORIAL

Dinkes DIY Sosialisasi Germas di Desa Muntuk

Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY menyampaikan pentingnya melakukan aktivitas fisik untuk mencegah penyakit tidak menular (PTM).

Dinkes DIY Sosialisasi Germas di Desa Muntuk
TRIBUNJOGJA.COM / Amalia Nurul
Dinkes DIY mengajak masyarakat Desa Muntuk untuk melakukan pola hidup sehat, Selasa (12/2/2019) pagi di Pendopo Kriya Bambu Muntuk, Muntuk, Dlingo. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY menyampaikan pentingnya melakukan aktivitas fisik untuk mencegah penyakit tidak menular (PTM).

Hal tersebut menjadi salah satu poin yang menjadi sorotan dalam sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Pendopo Kriya Bambu Muntuk, Banjarharjo 2, Muntuk, Dlingo pada Selasa (12/2/2019) pagi.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Kesehatan Lingkungan Dinkes DIY, Yulia Irene Heni Wahyunarni menyampaikan, aktivitas fisik yang dilakukan minimal 30 menit sehari ini berlaku bagi semua usia.

Bahkan, ia menyoroti perilaku anak muda zaman sekarang yang cenderung mager alias malas gerak.

"Sekarang kan fenomenanya anak-anak pada mager, itu yang harus kita motivasi anak-anak jangan mager," ujarnya saat ditemui Tribunjogja.com usai acara.

Terlebih katanya, kini PTM justru banyak mengintai usia produktif.

Baca: Palette: Tips Memakai Maskara untuk Pemula

"Sekarang, usia kurang dari 50 tahun ada yang sudah cuci darah. Kemudian ada yang stroke karena kurang aktivitas fisik. Tren usianya makin rendah, kalau dulu stroke itu usia 60 tahun ke atas, sekarang 40-an," jelasnya.

Aktivitas fisik yang paling mudah dilakukan yakni dengan jalan kaki. Saat bepergian jarak dekat, Yulia menyarankan untuk berjalan kali agar fisik tetap bugar.

Berjalan kaki ini juga dapat dilakukan segala usia.

"Untuk anak-anak sebaiknya kalau ke sekolah dengan berjalan kaki. Ibu-ibu kalau mau belanja ke pasar juga jalan kaki," katanya.

Halaman
123
Penulis: amg
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved