Kulon Progo

PDAM Pastikan Air Bersih Mengalir ke NYIA Kulon Progo di Awal Maret

Kebutuhan air bersih di bandara NYIA nanti mencapai 400 kubik per hari untuk kapasitas 14 juta penumpang.

PDAM Pastikan Air Bersih Mengalir ke NYIA Kulon Progo di Awal Maret
Dok AP 1
Progres pembangunan terminal internasional NYIA hingga awal Februari 2019. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kulon Progo memastikan suplai air bersih bisa teralirkan untuk New Yogyakarta International Airport (NYIA) pada 1 Maret 2019 nanti meski masih bersifat temporer.

Pada saat bersamaan, jaringan instalasi utamanya akan mulai dibangun.

Direktur Utama PDAM Tirta Binangun, Jumantoro mengatakan bahwa pihaknya sudah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan PT Angkasa Pura I tentang penyediaan suplai air bersih untuk kebutuhan operasional bandara itu, pada Desember 2018 lalu.

Yakni, untuk pembangunan instalasi jaringan utama air bersih menuju ground water tank (tangki utama air bersih) di dalam area bandara yang kini tengah dibangun PT Pembangunan Perumahan (PP)-KSO.

"Untuk instalasinya (jaringan utama suplai air) masih on process. Action-nya mungkin baru awal Maret. Tapi, saluran temporer sudah kami siapkan dan 1 Maret sudah mengalir," kata Jumantoro pada Tribunjogja.com, Selasa (12/2/2019).

Baca: Palette: Tips Memakai Maskara untuk Pemula

Saluran temporer itu menurutnya akan menyuplai air ke NYIA untuk tahap awal dengan mengambil air baku dari bendung Sapon di Lendah.

Sedangkan jaringan perpipaan menuju ground water tank ditargetkan sudah selesai terbangun pada pekan ketiga Maret nanti.

PDAM memperkirakan, volume kebutuhan air bersih di NYIA untuk masa awal dua tahun operasionalnya (2019-2020) sekitar 14 liter per detik atau 1000 meter kubik per hari.

Adapun saat ini perusahaan daerah milik Pemerintah Kabupaten Kulon Progo itu mempunya idle sebesar 24 liter per detik sehingga kebutuhan itu bisa terpenuhi untuk periode dua tahun mendatang.

Kebutuhan diperkirakan bakal meningkat tajam hingga 60 liter/detik memasuki tahun ketiga operasional NYIA seiring pengoperasiannya secara penuh.

Baca: SPAM Kamijoro Berperan Besar dalam Suplai Air Minum NYIA

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved