Gunungkidul

Kominfo Gunungkidul Targetkan Tahun Ini Selesai Pasang Internet di Desa

Pada awal 2019 ini Diskominfo Kabupaten Gunungkidul telah memasang internet di 40 desa di Gunungkidul.

Kominfo Gunungkidul Targetkan Tahun Ini Selesai Pasang Internet di Desa
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Gunungkidul 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Gunungkidul menargetkan pada tahun 2019 internet mulai dipasang di tiap-tiap desa.

Kepala Bidang Layanan Informatika Diskominfo Gunungkidul, Kelik Yuniantoro menuturkan, pada awal 2019 ini pihaknya telah memasang internet di 40 desa di Gunungkidul.

"Setiap desa akan diberi bandwith internet sebesar 10 mbps, dari internet yang diberikan dapat dimanfaatkan desa untuk menunjang potensi yang ada di desa. Misalnya satu desa memiliki potensi wisata maka internet tersebut dapat disalurkan ke tempat wisata agar masyarakat atau wisatawan dapat mengakses internet secara gratis," katanya pada Tribunjogja.com, Selasa (12/2/2019).

Ia mengatakan, jumlah desa yang ada di Gunungkidul sebanyak 144 desa sehingga jika pada awal tahun sudah dapat memasang internet di 40 desa, maka ia optimis pada akhir tahun 2019 internet sudah terpasang di semua desa.

Selain potensi wisata menurutnya desa-desa juga dapat memanfaatkan internet gratis untuk memaksimalkan potensi usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Baca: Palette: Tips Memakai Maskara untuk Pemula

"Kalau desa tidak mempunyai potensi wisata dapat dialihkan ke sentra-sentra UMKM di desa. Sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam penjualannya," ucapnya.

Selama ini masih banyak tempat-tempat wisata yang tidak terjangkau sinyal internet, pihaknya tidak berfokus pada titik-titik blank spot tersebut.

Tetapi tetap akan didistribusikan ke semua tempat-tempat wisata.

"Untuk itu perlu partisipasi aktif kepala desa dalam mewujudkan internet gratis. Jadi nanti prosesnya kepala desa yang menyiapkan tower untuk menembak internet ke tempat-tempat potensial," katanya.

Halaman
12
Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved