Sport

Ribuan Pelajar Berkompetisi pada POPDA Tahun 2019 di Kabupaten Magelang

Mereka berlomba di puluhan cabang olahraga, seperti senam, lari, panahan, tenis meja, hingga tenis lapangan.

Ribuan Pelajar Berkompetisi pada POPDA Tahun 2019 di Kabupaten Magelang
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Sebanyak 4.500 atlet pelajar dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, di Kabupaten Magelang siap berkompetisi dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kabupaten Magelang Tahun 2019. Pembukaan dilakukan di Stadion Gemilang, Kota Mungkid, Senin (11/2/2019) pagi tadi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sebanyak 4.500 atlet pelajar dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, di Kabupaten Magelang berkompetisi dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kabupaten Magelang Tahun 2019 ini.

Mereka berlomba di puluhan cabang olahraga, seperti senam, lari, panahan, tenis meja, hingga tenis lapangan.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kabupaten Magelang Tahun 2019 di Stadion Gemilang, Kota Mungkid, Senin (11/2/2019) pagi tadi.

Ia mengajak seluruh peserta POPDA yang merupakan kalangan pelajar ini dapat meningkatkan prestasi di bidang olahraga dan menjauhi narkoba serta segala tindak kekerasan seperti aksi-aksi tawuran antar pelajar yang sangat merugikan.

"Sebagai calon penerus bangsa, maka anak-anaku harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Jadikan momentum ajang olahraga ini untuk mengasah kemampuan kita hingga mencapai jenjang yang lebih tinggi lagi. Jauhi narkoba dan tindak-tindak kekerasan pelajar yang dapat sangat merugikan," ujar Zaenal pada Tribunjogja.com.

Baca: Palette: Tips Memakai Maskara untuk Pemula

Zaenal mengatakan, POPDA ini juga diharapkan dapat menumbuhkan atlet-atlet muda berbakat di Kabupaten Magelang, yang nantinya dapat berjuang dan membawa nama harum Kabupaten Magelang di bidang olahraga di kancah nasional.

"Kami harapkan ini menjadi ajang pencarian bakat khususnya di bidang olahraga, agar nantinya dapat terlahir atlet-atlet juara dari Kabupaten Magelang. Selamat berlomba dan jaga sportivitas," pungkas Zaenal.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso, mengatakan, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kabupaten Magelang Tahun 2019 diikuti 4500 peserta yang terdiri dari tingkat pelajar SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA/SMK.

"Hampir seluruh cabang olahraga (Cabor) ada dalam POPDA 2019 ini. Mulai dari cabang olahraga senam, lari, panahan, tenis meja, hingga tenis lapangan juga akan diikuti oleh 4500 peserta yang berasal dari 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang," ujar Iwan.

Baca: Rayakan HUT Ke-53, Perkemi Se-Jawa Tengah Gelar Latihan Bersama di Magelang

Pihaknya berharap melalui POPDA 2019 tersebut dapat mempromosikan olahraga di Kabupaten Magelang melalui prestasi adik-adik pelajar sebagai tunas bangsa harapan ke depan.

"Pemerintah akan berupaya sebaik mungkin untuk mengembangkan bidang olahraga Kabupaten Magelang," katanya.

Prestasi olahraga di Kabupaten Magelang sendiri telah mengalami peningkatan seperti pada PORPROV Tahun 2018 lalu, Kabupaten Magelang menempati posisi 18 besar dan berhasil mendulang 12 emas, setelah sebelumnya, hanya berada di posisi 34 besar dan hanya meraih satu emas.

"Namun demikian perlu diingat, bahwa kota dan kabupaten lain pasti juga berlari ingin meraih prestasi. Maka kita juga tidak boleh terlena, dan terus berjuang mendapatkan yang terbaik," ujarnya. (*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved