Pendidikan

Ratusan Siswa SMA Ikuti Olimpiade Biologi yang Digelar Fakultas Teknobiologi UAJY

Materi yang dilombakan pada Olimpiade Biologi 2019 ini meliputi Biologi Sel, Biokimia, Genetika, Mikrobiologi, Bioteknologi, Biodiversitas, Biosistema

Ratusan Siswa SMA Ikuti Olimpiade Biologi yang Digelar Fakultas Teknobiologi UAJY
istimewa
Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta menggelar Olimpiade Biologi SMA tingkat Nasional untuk ke-13 kalinya. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut semua Sumber Daya Manusia yang terlibat di dalamnya, termasuk akademisi untuk memiliki kualitas dan mampu bersaing.

Untuk itu, Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta menggelar Olimpiade Biologi SMA tingkat Nasional untuk ke-13 kalinya.

Olimpiade Biologi 2019 yang ditujukan bagi siswa dan siswi SMA se-Indonesia yang merupakan salah satu rangkaian acara BIOFAIR 2019.

Kompetisi ini diikuti oleh 188 siswa dari 36 sekolah yang ada di Indonesia, diantaranya Malang, DIY, Magelang, Klaten dan Semarang.

Baca: Fakultas Teknobiologi UAJY Gelar Serangkaian Acara dalam Rangka Hari Bumi

Ketua Umum Olimpiade Biologi 2019, Ines Septi Arsiningtyas mengatakan, dengan dilaksanakannya acara ini, diharapkan dapat menggali potensi dan mendorong minat serta prestasi belajar dari siswa untuk menumbuhkan rasa suka dan minat terhadap ilmu biologi.  

"Acara ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian dari  FTB-UAJY untuk membentuk bibit-bibit unggul yang mampu bersaing, seiring dengan  perkembangan IPTEK, terkhusus di bidang biologi dan bioteknologi," ujarnya pada Senin (11/2/2019).

Materi yang dilombakan pada Olimpiade Biologi 2019 ini meliputi Biologi Sel, Biokimia, Genetika, Mikrobiologi, Bioteknologi, Biodiversitas, Biosistematik, Anatomi, Fisiologi, dan Ekologi.

Baca: UAJY Lepas 1096 Mahasiswa KKN di Gunungkidul

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, para guru yang bertugas mendampingi siswa juga mendapat kesempatan untuk mengikuti workshop bersama dosen-dosen FTB UAJY.

"Workshop ini diikuti oleh guru sekolah yang muridnya sedang mengikuti olimpiade dengan memilih topik yang diminati," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Tribunjogja.com

Topik workshop yang dilakukan kali ini antara lain Uji Fitokimia Herbal dari Buah Majapahit, Pembuatan Es Krim dengan Pewarna Alami Bunga Telang, dan Pengenalan Bioinformatika. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved