Pendidikan

Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Literasi Aksara Jawa

Ratusan siswa SD hingga SMA mengikuti lomba literasi Aksara Jawa Tingkat Nasional di Kampus Akper Notokusumo Yogyakarta

Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Literasi Aksara Jawa
Tribun Jogja/ Christi Mahatma Wardhani
Siswa SMP mengikuti Lomba Literasi Aksara Jawa yang diselenggarakan oleh Kadipaten Pakualaman dalam rangka Hadeging Kadipaten Pakualaman 207 Taun Masehi/213 Taun Jawa di Kampus Akper Notokusumo Yogyakarta, Senin (11/2/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM - Ratusan siswa SD hingga SMA mengikuti lomba literasi Aksara Jawa Tingkat Nasional di Kampus Akper Notokusumo Yogyakarta, Senin (11/2/2019).

Lomba Literasi Aksara Jawa tersebut dilaksanakan dalam rangka Hadeging Kadipaten Pakualaman 207 Taun Masehi/ Taun 213 Taun Jawa.

Koordinator Lomba Literasi Aksara Jawa, Jajar Mas Darmopanambang mengatakan pada lomba tersebut peserta SD menyalin dari aksara Jawa menjadi tulisan latin. Sementara untuk SMP,peserta diminta untuk menulis Aksara Jawa dan juga menulis tulisan Latin tegak bersambung.

"Kalau SMP hanya mewarnai renggan (bingkai) nanti yang SMA menciptakan renggan itu. Jadi harapannya peserta bisa memaknai tulisan Jawa, dan kemudian bisa merepresentasikan dalam renggan itu," katanya disela-sela lomba, Senin (11/2/2019).

Baca: SMA Budya Wacana Sajikan Ujian Praktik Bahasa Inggris dan Seni Budaya Lewat Drama Musikal

Melalui lomba tersebut, selain untuk melestarikan budaya, juga untuk mengenalkan pada anak-anak untuk mencintai tulisan Jawa.

"Dulu sudah diprediksi oleh Paku Alam II, bahwa nanti aksara Jawa dan Naskah Jawa akan ditinggalkan, makanya dengan kegiatan semacam ini diharapkan dapat memacu siswa untuk lebih mencintai tulisan, dalam hal ini tulisan Jawa," tambahnya.

Lomba Literasi Aksara Jawa terbagi menjadi dua sesi. Sesi I dimulai pukul 09.00 dengan peserta SD dan SMP, sementara Sesi II dimulai pukul 13.00, dengan peserta dari tingkat SMA. (tribunjogja)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved