Yogyakarta

Hari Orang Sakit Sedunia, RS Panti Rapih Adakan Perayaan Ekaristi

Untuk tema dalam perayaan Ekaristi ini sendiri yakni kamu telah menerima dengan cuma-cuma, maka berikanlah juga dengan cuma-cuma.

Hari Orang Sakit Sedunia, RS Panti Rapih Adakan Perayaan Ekaristi
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Perayaaan Ekaristi, memperingati Hari Orang Sakit Sedunia ke 27 dilakukan oleh Rumah Sakit Panti Rapih di Kapel Panti Rapih pada Senin (11/2/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Pelayanan menyeluruh, bukan hanya pelayanan yang berhubungan dengan pelayanan medis. Namun, pelayanan yang menyeluruh juga meliputi pelayanan spritual.

Dengan khusyuk, para pasien dan keluarga pasien yang beragama Katholik, serta pelayan Rumah Sakit di Rumah Sakit Panti Rapih mengikuti perayaan Ekaristi, yang diadakan untuk memperingati Hari Orang Sakit Sedunia ke 27.

Hari ini, Senin (11/2/2019), tepat 27 tahun dimana pada tahun 1992, Paus Yohanes Paulus II menjadikan 11 Februari sebagai hari Peringatan Orang Sakit Sedunia.

FX Joewarto Kepala Unit Pelayanan Pastoral Rumah Sakit Panti Rapih menjelaskan jika Perayaan Ekaristi adalah puncak perayaan iman umat Katholik.

"Menurut ajaran Katolik, disana dilambangkan bahwa Allah telah mengorbankan diri, memberikan diri kepada manusia, mereka menerima tubuh Kristus dengan lambang roti supaya mereka dikuatkan, mereka juga diberkati," terangnya pada Tribunjogja.com.

Baca: Palette: Tips Memakai Maskara untuk Pemula

Dia mengungkapkan jika tujuan dari perayaan ini adalah untuk memberikan perhatian khusus kepada orang-orang sakit.

Joewarto menerangkan jika pelayanan menyeluruh bukan hanya meliputi pelayanan medis, namun juga meliputi pelayanan yang berhubungan dengan aspek spiritual.

"Kami yakin bahwa perawatan orang sakit bukan hanya sekedar pelayanan medis, yang disebut pelayanan holistik adalah pelayanan yang menyeluruh. Aspek spiritual kita berikan dalam kegiatan ini," terangnya.

Dalam perayaan ini, dipimpin oleh Romo Ignatius Fajar Kristianto dari Seminari Tinggi St. Paulus, Kentungan, dan Romo John Nugroho SJ Wisma Pastoran Mahasiswa.

Baca: FPPR Beri Sayur ke DPRD Sleman Agar Tetap Ingat dengan Pasar Tradisional

Sedangkan untuk tema dalam perayaan Ekaristi ini sendiri yakni kamu telah menerima dengan cuma-cuma, maka berikanlah juga dengan cuma-cuma.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved