Yogyakarta

Diskominfo DIY Dorong Mahasiswa Berkontribusi Mewujudkan Jogja Smart Province

Diskominfo DIY Dorong Mahasiswa Berkontribusi Mewujudkan Jogja Smart Province

Diskominfo DIY Dorong Mahasiswa Berkontribusi Mewujudkan Jogja Smart Province
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Sayuri Egarvanda selaku Seksi Aplikasi Layanan Publik Diskominfo DIY saat mengisi kuliah umum 'Upaya Pemda DIY dalam Melibatkan Perguruan Tinggi Mewujudkan Jogja Smart Province' di UJB Yogyakarta. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Guna mewujudkan Jogja Smart Province, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) DIY mendorong mahasiswa untuk terlibat aktif dan juga turut serta untuk berkontribusi.

Seksi Aplikasi Layanan Publik Diskominfo DIY Sayuri Egarvanda  mengatakan, ada lima pemangku kepentingan yang ada dalam Jogja Smart Province, yakni pemerintah, akademik, komunitas, media dan pelaku usaha.

"Dari sisi akademik ada fungsi edukasi yang arahnya pada fungsi penelitian, standarisasi kemudian ketersediaan SDM," tutur Sayuri pada Senin (11/2/2019).

Lanjut Sayuri, hingga saat ini sudah banyak perguruan tinggi yang dilibatkan untuk mewujudkan Jogja Smart Province, seperti UGM dan UMY.

Dengan melibatkan perguruan tinggi, diharapkan muncul kreativitas serta ide-ide baru dari mahasiswa untuk menyelesaikan isu-isu strategis Pemda DIY yang ada dengan dengan pemanfaatan teknologi informasi.

"Kami punya banyak masalah dan butuh orang untuk mencari solusi, solusi itu salah satunya ide kreatif dari mahasiswa. Mahasiswa punya kontribusi yang cukup besar dan itu akan sangat membantu," katanya kepada Tribunjogja.com.

Baca: Digital Lounge @Campus Mudahkan Mahasiswa untuk Transaksi Cashless

Untuk mewujudkan Jogja Smart Province, kata Sayuri, mahasiswa dapat turut serta berpartisipasi untuk konten.

Seperti misalnya menulis melalui blog, mengembangkan aplikasi maupun memproduksi konten positif tentang Yogyakarta.

"Kami beri lontaran masalah yang bisa jadi ide penelitian, ide untuk tugas akhir mahasiswa atau ide untuk riset para dosen," ujarnya dalam kuliah umum 'Upaya Pemda DIY dalam Melibatkan Perguruan Tinggi Mewujudkan Jogja Smart Province' di UJB Yogyakarta.

Sementara itu, Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik UJB, Tania Edna Bhakty menambahkan, melalui kuliah umum ini diharapkan dapat membuka pandangan mahasiswa untuk turut serta mewujudkan Jogja Smart Province.

"Outputnya, dosen sudah mulai membuat supaya Tugas Akhir dan Kerja Praktik mahasiswa arahnya untuk mewujudkan Jogja Smart Province. Selain itu, dosen juga akan melakukan penelitian terkait Jogja Smart Province," kata Tania.(tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved