Jawa

Daerah Pemilihan untuk Pemilihan Anggota DPRD Jawa Tengah Bertambah

Jumlah daerah pemilihan bertambah menjadi 13 dapil, sejumlah kota ataupun kabupaten pun mengalami penyesuaian daerah pemilihan.

Daerah Pemilihan untuk Pemilihan Anggota DPRD Jawa Tengah Bertambah
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri K
Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afifudin memberikan keterangan kepada awak media, Selasa (17/4/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Komposisi daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilihan Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah mengalami perubahan.

Jumlah daerah pemilihan bertambah menjadi 13 dapil, sejumlah kota ataupun kabupaten pun mengalami penyesuaian daerah pemilihan.

Seperti untuk Kota Magelang, Kabupaten Magelang yang semula masuk ke dalam Daerah Pemilihan Jawa Tengah 6, bersama dengan Purworejo, Temanggung dan Kabupaten Wonosobo, kini dipisah menjadi Dapil Jateng 8, bersama dengan Boyolali untuk Pemilihan Anggota DPRD Jawa Tengah.

"Untuk pemilu 2019 ini ada daerah pemilihan (dapil) baru yang meliputi Kabupaten Magelang, Kota Magelang dan Kabupaten Boyolali. Dapil Jateng 8 ini untuk memilih anggota DPRD provinsi Jateng dengan memperebutkan 8 kursi," ujar Ketua KPU Kabupaten Magelang Afiffuddin, Senin (11/2/2019).

Baca: KPU Kabupaten Magelang Rekrut Relawan Demokrasi

Afifuddin mengatakan, penambahan dapil baru ini untuk menyesuaikan jumlah penduduk yang juga bertambah, sehingga kursi anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah juga perlu ditambah.

Sesuai dengan UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu, dimana jumlah penduduk lebih dari 20 juta orang maka alokasi kursi adalah sebanyak 120.

"DPRD Provinsi Jawa Tengah sendiri semula terdapat sebanyak 100 kursi, sementara jumlah penduduk sudah sebanyak 20 juta lebih. Di dalam UU tentang Pemilu, dialokasikan maksimal sebanyak 120 kursi, sehingga perlu penyesuaian dapil," ujarnya.

Mesi berbeda dapil pada pemilihan anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah untuk memilih anggota DPR RI tetap sama dapil Jateng 6, sedangkan untuk memilih anggota DPRD provinsi, Kabupaten Magelang dan Kota Magelang masuk dapil Jateng 8.

Baca: KPU Kabupaten Magelang Tetapkan DPT-HP 977.414, Ribuan Data Ganda Dicoret

Atas perubahan dapil ini sendiri belum banyak masyarakat yang mengetahuinya. KPU Kabupaten Magelang pun melakukan sosialisasi terhadap penambahan dapil baru tersebut untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved