Jawa

Insan Pers di Magelang Raya 'Nyekar' ke Makam Boediardjo, Tokoh Pers dan Sosok Pejuang

Sosok Boediardjo adalah seorang yang amat berjasa, tak hanya untuk kemajuan pers di tanah air, tetapi juga merupakan seorang pejuang

Insan Pers di Magelang Raya 'Nyekar' ke Makam Boediardjo, Tokoh Pers dan Sosok Pejuang
IST
Segenap insan pers di Kota dan Kabupaten Magelang berziarah ke makam Boediardjo, tokoh pers nasional, mantan menteri penerangan dan pejuang kemerdekaan, Sabtu (9/2/2019) di TPU Tingal Kulon, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Segenap insan pers di Kota dan Kabupaten Magelang berziarah ke makam Boediardjo, tokoh pers nasional, mantan menteri penerangan dan pejuang kemerdekaan, Sabtu (9/2/2019) di TPU Tingal Kulon, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Sosok Boediardjo adalah seorang yang amat berjasa, tak hanya untuk kemajuan pers di tanah air, tetapi juga merupakan seorang pejuang yang mempertaruhkan jiwa dan raganya untuk meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Beliau adalah sosok yang sangat kami hormati. Seorang yang sangat berjasa untuk negeri ini, juga pers. Meski yang muda-muda belum sempat mengenalnya, tapi saya yakin secara emosional bisa mengenal bapak," ujar Eny Angkawati, yang merupakan putri ketiga dari Boediardjo.

Baca: Peringati Hari Pers Nasional, PWI DIY Gelar Jalan Sehat Keluarga Besar

Wartawan senior, Joko Suroso menyampaikan, juga mengatakan, hingga akhir hayatnya, Boediardjo tidak pernah berhenti untuk menulis bahkan memotret.

Kecintaan almarhum pada dunia pers dibuktikan dengan banyaknya karya yang sudah dibuat.

Ia mengatakan, para wartawan masa kini harus bisa mengambil inspirasi dari sosok Boediardjo, agar mereka dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat secara obyektik dan tidak memihak kepada kepentingan tertentu

"Kami ingin menceritakan kepada generasi sekarang, bahwa di Magelang ada tokoh pers yang jasanya sangat luar biasa dan patut menjadi tauladan bagi mereka," ujar Joko Suroso.

Baca: Peringati HPN, Jurnalis Kulon Progo Bedah Rumah Tidak Layak Huni

Tradisi nyekar ini pun menjadi penghormatan dari insan pers yang ada di Magelang Raya kepada almarhum yang sudah banyak mendedikasikan hidupnya pada dunia pers.

"Kami mendoakan pak Boediardjo, kami juga mendoakan wartawan lain yang sudah almarhum. Terima kasih atas jasa yang telah diberikan untuk pers," kata Joko.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved