Kesehatan

Gaungkan Stop Amputasi, Pasien Luka Kronis Butuh Motivasi

Masyarakat dengan penyakit luka kronis masih bisa memiliki kesempatan untuk tetap produktif meski kondisi fisiknya tak lagi sempurna.

Gaungkan Stop Amputasi, Pasien Luka Kronis Butuh Motivasi
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Dr Christantie Effendy SKp MKes selaku CEO Lotus Care (berdiri) saat menjelaskan tentang layanan perawatan luka modern dan paliatif yang ditawarkan oleh Lotus Care sekaligus memperingati cancer day di Nogosaren, Gamping, Sleman DIY, Sabtu (9/2/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Masyarakat dengan penyakit luka kronis masih bisa memiliki kesempatan untuk tetap produktif meski kondisi fisiknya tak lagi sempurna.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dr Christantie Effendy SKp MKes selaku CEO Lotus Care di sela opening sekaligus rangkaian acara peringatan cancer day di Gamping Sleman, kemarin (9/2/2019).

Penyakit luka kronis biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti luka diabetes, luka akibat kanker hingga luka akibat kecelakaan.

Jika kondisi luka sudah dalam kondisi kronis, biasanya dokter menyarankan untuk dilakukan proses amputasi atau pemotongan sebagian agar luka tak menyebar.

Namun, kata Christantie, hal tersebut sangatlah tak disarankan oleh pihaknya.

Menurutnya, selain hanya akan membuat pasien akan merasa putus asa, baginya setiap orang masih memiliki hak yang sama untuk memiliki anggota tubuh yang lengkap dan tetap beraktivitas normal dan produktif meski memiliki luka kronis.

"Kalau kondisi pasien masih kuat dan dia masih bisa memotivasi diri untuk tetap produktif dengan kondisi semampunya dan tidak sampai putus asa ya harus kita dukung, kita rawat lukanya tanpa harus amputasi," katanya kepada Tribunjogja.com.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan, perawatan luka kronis sebenarnya masih bisa dilakukan, tak hanya lewat motivasi langsung kepada pasien untuk sembuh, keluarga pasien dan perawat pun juga punya peranan penting untuk memotivasi kesembuhan luka.

"Kita (perawat) akan mendampingi keluarga, apa yang harus disiapkan oleh keluarga dengan pasien luka seperti itu dan semuanya harus dikonsultasikan terlebih dahulu," katanya.

Baca: Resmi Beroperasi Lotus Care Hadir Bantu Perawatan Luka Modern dan Paliatif

Lotus Care sendiri merupakan pusat layanan perawatan dengan SIPP atau Surat Ijin Praktek Perawat yang memberikan layanan perawatan baik luka maupun perawatan lainnya.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved