Jawa

Surat Suara untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Magelang Telah Sampai dan Diterima

Jumlah surat suara yang tiba sudah sesuai dengan jumlah kebutuhan surat suara sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Surat Suara untuk Pemilu 2019 di Kabupaten Magelang Telah Sampai dan Diterima
IST
Surat suara yang baru diterima di Gedung Penyimpanan di Balai Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jumat (8/2/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Anggota DPR RI Pemilu 2019 di Kabupaten Magelang telah tiba, Jumat (8/2/2019).

Komisioner Bidang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Magelang, Dwi Endys Mindarwoko, menuturkan, surat suara yang datang untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 1.008.657 lembar dalam 505 boks.

"Sementara untuk Pemilihan Anggota DPR RI Dapil Jawa Tengah 6 ada sebanyak 1.008.657 lembar dalam 2.018 boks, terdiri dari 375.000 lembar dalam 750 boks dan 633.657 dalam 1.268 boks," ujar Endys, Jumat (8/2/2019) saat penerimaan surat suara di Balai Desa Deyangan.

Baca: Pastikan Warga Tercatat di DPT, KPU Magelang Dirikan Posko Layanan Pemilih di Tiap Kecamatan

Endys mengatakan, jumlah surat suara yang tiba sudah sesuai dengan jumlah kebutuhan surat suara sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 988.879 ditambah dua persen surat suara cadangan.

"Surat suara yang datang sudah sesuai kebutuhan ditambah dua persen cadangan. Meski begitu, kami masih menunggu dua truk surat suara dpr dan presiden," ujarnya.

Surat suara yang baru diterima di Gedung Penyimpanan di Balai Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jumat (8/2/2019).
Surat suara yang baru diterima di Gedung Penyimpanan di Balai Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jumat (8/2/2019). (IST)

Surat suara tiba sekitar pukul 12.00 WIB dan dibuka pukul 08.00 WIB di Balai Desa Deyangan, dimana surat suara akan disimpan, disortir, dan dilipat terlebih dahulu di dalam gedung balai desa setempat sebelum didistribusikan nanti di TPS-TPS sebelum hari pemungutan suara.

Baca: Sortir dan Setting Logistik Pemilu, KPU Sleman Tunggu Surat Suara

Nantinya akan ada tenaga yang akan menyortir surat suara, untuk memastikan kelayakan surat suara.

Tenaga melakukan pelipatan surat suara.

"Surat suara dikirim dari Ciawi, menggunakan dua truk container. Setelah ini akan disimpan di Gedung Balai Desa Deyangan, untuk nanti kita sortir mana surat suara yang rusak yang tidak, lalu ada proses pelipatan juga," kata Endys.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: rfk
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved