Kulon Progo

Aparat Kulon Progo Simulasikan Pengamanan Pemilu

Kodim 0731 Kulon Progo bersama Polres dan Pemerintah Kabupaten setempat menggelar simulasi pengamanan Pemilu 2019.

Aparat Kulon Progo Simulasikan Pengamanan Pemilu
Dokumentasi Pemkab Kulon Progo
Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo menginspeksi pasukan saat apel gelar pasukan dan simulasi pengamanan Pemilu 2019 di Alun-alun Wates, Kamis (7/2/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Kodim 0731 Kulon Progo bersama Polres dan Pemerintah Kabupaten setempat menggelar simulasi pengamanan Pemilu 2019 di Alun-alun Wates, Kamis (7/2/2019).

Kegiatan melibatkan seratusan personil aparat serta beberapa unit kendaraan.

Skenario yang disimulasikan adalah situasi rusuh ketika pendukung kontestan Pemilu tidak terima atas hasil perolehan suara.

Dalam kondisi itu terjadi aksi saling dorong antara massa dengan pasukan pengamanan meski akhirnya amarah massa bisa diredam.

"Ini rangkaian persiapan pengamanan Pemilu yang telah berlangsung sejak 10 Januari lalu untuk nanti dilanjutkan di kompleks Kodim pada Sabtu (9/2/2019) dan puncaknya di Korem 072 pada 10 Februari," kata Dodit pada Tribunjogja.com, seusai simulasi.

Latihan ini melibatkan belasan anggota Sat Pol PP, 75 personil Kodim, satu pleton anggota Satradar 215 Congot, serta 100 personil Polres Kulon Progo.

Adapun kendaraan yang diterjunkan untuk pengamanan Pemilu yakni satu unit mobil water canon dan puluhan kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo menyebut latihan bersama ini sangat penting untuk menjaga kondisi sosial tetap kondusif selama berlangsungnya Pemilu.

Baca: TNI-Polri Lakukan Simulasi Pengamanan Pemilu 2019

Upaya lain yang juga diupayakan adalah dengan mengajak kontestan peserta Pemilu untuk menjalin komitmen mewujudkan Pemilu damai.

Termasuk dengan mengatur jadwal kampanye dari tiap partai politik agar tidak saling bersinggungan dengan lainnya hingga berpotensi menimbulkan keributan.

"Peserta Pemilu dan semua pihak terkait akan kita pertemukan untuk membuat komitmen Pemilu damai," kata Hasto. (*)

Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved