Ribuan Konten Negatif di Smule, TikTok, dan Kwai Go Diblokir Kemenkominfo

Beberapa konten di aplikasi live chat diblokir, antara lain Bigo Live, Cheez, Go Live, Gogo Live, Kwai Go, Live Me, Nonolive, Smule, TikTok, dan Vigo

Ribuan Konten Negatif di Smule, TikTok, dan Kwai Go Diblokir Kemenkominfo
IST/STEI ITB
Ilustrasi Konten negatif 

TRIBUNJOGJA.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menemukan dan memblokir sebanyak 2.334 konten negatif dalam 11 aplikasi live chat sepanjang 2018.

Beberapa aplikasi live chat tersebut, antara lain Bigo Live, Cheez, Go Live, Gogo Live, Kwai Go, Live Me, Nonolive, Smule, TikTok, dan Vigo.

Adapun konten terbanyak yang diblokir Kemenkominfo terdapat di Smule, TikTok, Kwai Go.

Direktorat Pengendalian Konten Internet Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika juga melakukan pemantauan terhadap 11 aplikasi live chat tersebut.

Hasilnya, konten terbanyak yang diblokir berasal dari aplikasi Smule, yakni 613 konten. Pemblokiran ini dilakukan karena pengguna melakukan siaran langsung (live) dengan menampilkan pakaian yang vulgar.

Sementara, ada 591 konten dari aplikasi TikTok yang diblokir Kemenkominfo. Pemblokiran konten-konten ini karena tiga aspek yang dinilai termasuk konten negatif.

Aspek itu yakni konten yang menampilkan pakaian vulgar sebanyak 293, isu mengganggu dalam bentuk tato sebanyak 227 konten, dan konten yang menampilkan tindakan merokok, minuman keras, dan obat-obatan terlarang sebanyak 48 konten.

Selebihnya karena aksi, bahasa, gesture erotis, dan memuat anak di bawah umur.

Selanjutnya, ada 424 konten negatif dalam aplikasi Kwai Go yang diblokir Kemenkominfo. Kebanyakan konten menunjukkan aksi yang tidak layak atau vulgar (172 konten), pakaian yang vulgar (103 konten), aksi yang membahayakan (79 konten).

"Selebihnya karena konten yang menampilkan erotisme, merokok, minuman keras, penyiksaan makhluk hidup," ujar Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kemenkominfo, Ferdinandus Setu, Kamis (7/2/2019).

Halaman
123
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved