Pendidikan

Persentase Kuota Jalur SNMPTN di UPN Veteran Yogyakarta Tahun Ini Menurun

Persentase kuota jalur SNMPTN di UPN Veteran Yogyakarta tahun ini menurun, dari yang sebelumnya 30 persen kini hanya 20 persen.

Persentase Kuota Jalur SNMPTN di UPN Veteran Yogyakarta Tahun Ini Menurun
UPN Veteran Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA  - Sedikit berbeda dari tahun lalu, persentase penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) kampus UPN Veteran Yogyakarta tahun ini mengalami penurunan dari yang sebelumnya 30 persen kini hanya 20 persen.

Kasubag Kerjasama dan Humas UPN Veteran Yogyakarta, Marcus Kusnardijanto mengatakan, penurunan persentase untuk mahasiswa baru ini murni kebijakan pusat.

Penyebabnya, disinyalir karena ada beberapa calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi ulang alias batal masuk lewat jalur SNMPTN tahun lalu.

“Tahun kemarin jatah kita untuk jalur SNMPTN 30 persen dari kuota (2800). Tahun ini menurun, jadi 20 persen tapi kuota total untuk mahasiswa baru naik menjadi 3180. Perubahan ini murni kebijakan dari pusat. Kita hanya menerapkannya dalam proses penerimaan mahasiswa baru tahun ini,” kata Marcus pada Tribunjogja.com, Rabu (6/2/2019).

Baca: Kawasaki W175 Cafe Bakal Jadi Idola Baru Pecinta Motor Retro

Batalnya calon mahasiswa baru yang tahun lalu seharusnya masuk lewat jalur SNMPTN diketahui karena beberapa alasan.

Satu di antaranya karena si calon mahasiswa ini diterima di sebuah kedinasan lain.

Atau, memilih untuk masuk lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Tapi tahun ini ada regulasi baru, yang sudah lolos SNMPTN otomatis tidak bisa lagi mendaftar jalur SBMPTN. Melepas status mahasiswa diterima dari SNMPTN juga merugikan adik kelas SMA. Jadi hendaknya dipikir matang dahulu sebelum mendaftar jalu SNMPTN karena harus diambil jika lolos,” kata Marcus.

Sementara itu, jika penurunan persentase jalur SNMPTN ditentukan dari pusat, namun kuota tahun ini yang mengalami peningkatan karena memang kebijakan kampus.

Baca: Panduan Pendaftaran SNMPTN 2019 Secara Online Melalui snmptn.ac.id

Marcus menyebut, peningkatan daya tampung biasa terjadi seiring peningkatan kualitas perkuliahan dan akreditasi dari beberapa jurusan dan fakultas.

Sementara itu bidang yang menjadi idola, masih seputar jurusan Pertambangan dan Perminyakan.

Selain itu, ada Ilmu Komunikasi yang juga nyaris tak pernah sepi peminat.

Tiga bidang ini, menurut Marcus juga punya akreditasi yang mumpuni sehingga menjadi favorit para pelajar yang akan masuk jenjang perguruan tinggi. (*)

Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved