Ekonomi

Dampak Kenaikan Tarif Surat Muatan Udara, Pelaku Olshop Naikkan Harga Barang

Dampak Kenaikan Tarif Surat Muatan Udara, Pelaku Olshop Mulai Naikkan Harga Barang

Dampak Kenaikan Tarif Surat Muatan Udara, Pelaku Olshop Naikkan Harga Barang
Tribun Jogja/Hasan Sakri Ghozali
peresmian Toko online

TRIBUNJOGJA.COM - Dampak kenaikan tarif surat muatan udara (SMU) turut dirasakan oleh sejumlah pelaku usaha online shop (Olshop).

Meskipun berbeda-beda, kenaikan tarif ongkos kirim (ongkir) bahkan bisa mencapai hingga 30-40 persen ke sejumlah wilayah di luar Yogyakarta.

Fully Sugito salah satu pelaku Olshop yang menjual perlengkapan boneka karakter dan aksesoris lain mengaku, mesti melakukan berbagai alternatif guna menjaga kenaikan tarif ongkir tidak berpengaruh terhadap usaha yang dijalaninya.

"Karena pasti konsumen langsung protes dan lagi pula Jogja itu hitungan ongkirnya di daerah Jawa agak lumayan mahal. Jadi kalau ada kenaikan pasti pembeli komplain, padahal itu yang naikkan dari pihak kurir," sebutnya.

Baca: Kebijakan Bagasi Berbayar Citilink Ditunda, Asita DIY : Kami Inginkan Penghapusan

Baca: Rossi dan Vinales Kenalkan Duo Produk Baru Yamaha untuk Indonesia

Di lain sisi harga jual barang juga ikut naik sekitar tiga persen karena Ia mengambil pesanan barang dari luar kota.

Kenaikan tarif ongkir membuat Filly kadang mengambil stok barang dalam jumlah banyak sekaligus guna mengatasi agar kenaikan harga jual tidak menjadi terlalu tinggi.

Selain itu, dia juga menyarankan kepada para pembeli untuk mengajak teman lain agar patungan dalam membayar biaya ongkir, dengan demikian kenaikan tidak terlalu memberatkan kepada pembeli.

"Kadangkala saya juga cari kurir alternatif lain yang belum naik, supaya konsumen tetap dapat barang dengan harga yang normal. Untuk kenaikan harga barang memang ada tapi hanya beberapa," kata dia.(tribunjogja)

Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved