Otomotif

Ingin Restorasi Yamaha Alfa, Ini Dana yang Kudu Disiapkan

Yamaha Alfa tampaknya menjadi satu di antara motor bebek keluaran tahun 1990an yang banyak digandrungi untuk direstorasi

Ingin Restorasi Yamaha Alfa, Ini Dana yang Kudu Disiapkan
Tribun Jogja/ Hamim Thohari
Yamaha Alfa II Liveries Son Auto Series milik Agung Tedjo pemilik bengkel restorasi Tedjo Klasyk di kawasan Tirtodipuran, Kota Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM - Yamaha Alfa tampaknya menjadi satu di antara motor bebek keluaran tahun 1990an yang banyak digandrungi untuk direstorasi.

Proses restorasi atau mengembalikan bentuk asli seperti sedia kala saat ini tengah menjadi tren dan banyak dilakukan oleh kolektor atau penyuka motor lawas.

Lantas berapa budget yang kudu disiapkan untuk merestorasi Yamaha Alfa?

Agung Tedjo pemilik bengkel Tedjo Klasyk di Tirtodipuran, Kota Yogyakarta menuturkan budget yang kudu disiapkan sekira Rp 4-7 juta untuk merestorasi kendaraan yang diproduksi pertama kali pada tahun 1988 ini.

"Bisa dibilang budget segitu untuk kondisi motor yang ala kadarnya dan termakan usia kecuali kondisi mesin," katanya kepada TribunJogja.com belum lama ini.

Baca: Ajang Klangenan dan Nostalgia, Intip Alasan Lain Pilih Restorasi Motor Bebek Lawas

Budget itupun, kata Agung, belum termasuk biaya beli kendaraan atau bahannya.

Hal pertama sebelum membeli kendaraan Yamaha Alfa ialah kondisi mesin yang dijadikan perhatian utama sebelum melakukan restorasi.

"Pastikan kondisi mesin, harus kita perbaiki atau tidak, kalau iya mungkin siapkan budget lebih karena ada mesin yang sudah bocor atau kendala lain khas motor lawas," katanya.

Selanjutnya, usai mesin barulah mengintip soal onderdil maupun kelengkapan kendaraan. Mulai dari part utama hingga pretelan kecil-kecil atau asesoris yang melekat di kendaraan tersebut. Harus dilengkapi sesuai keluaran Yamaha Alfa di eranya. Dan difungsikan seperti sedia kala.

Baca: Kali Pertama Tunggangi Motor Setelah Operasi, Marc Marquez: Lengan Kiriku Bermasalah

"Kalau kita mau spare part yang orisinil memang harus sedikit bersabar, karena barang sekarang sudah mulai langka jadi harus telaten mencari penjualnya di komunitas maupun online," tuturnya.

Untuk masalah waktu, Agung yang juga memiliki motor Yamaha Alfa II R edisi Liveries Son Auto restorasi ini mengaku tak bisa mematok. Kisaran 3-7 bulanan tergantung kondisi dan sulitnya spare part.

"Kalau spare part mudah ditemukan ya mungkin akan lebih cepat. Kondisi mesin juga mempengaruhi waktu karena mesin yang harus diperbaiki akan memakan waktu lagi," lanjutnya.

Kendaraan bebek 2 tak ini menurut Agung cocok dijadikan restorasi karena memang memiliki performa yang tak bisa diremehkan. Konsumsi bahan bakar pun bisa dibilang irit untuk ukuran 2 tak dengan penggunaan sehari-hari.

Tak hanya itu, sebelum muncul kendaraan skuter matik seperti sekarang ini, Yamaha memang dulunya dikenal sebagai produsen motor beber 2 tak yang bandel dan ngacir di jalan raya.

Desain dan suara yang khas hingga ketahanan mesin menjadi alasan anak muda tahun 90an menggandrungi kendaraan 2 tak Yamaha ini.

"Desainnya sangat identik dengan gaya khas tahun 90an dengan lekukan tajam," pungkasnya. (tribunjogja)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved