Bisnis

Industri Hiburan Bantu Dorong Sektor Ekonomi Kreatif

Menurutnya, potensi tersebut turut pula didukung dengan inovasi teknologi dan penetrasi internet dalam industri hiburan nasional.

Industri Hiburan Bantu Dorong Sektor Ekonomi Kreatif
IST
VP Business Development LOKET, Anvid Erdian bersama Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Ricky Joseph Pesik dan VP Marketing LOKET, Ario Adimas dalam konferensi pers "Eksplorasi Tren Industri Hiburan 2019 Bersama LOKET" di GO-LEARN, Kantor GOJEK, (31/01/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - LOKET sebagai perusahaan penyedia sistem teknologi event dan hiburan di Indonesia memprediksi akan ada sejumlah insight menarik soal industri hiburan tanah air yang bakal menjadi tren di tahun 2019.

VP Marketing LOKET, Ario Adimas mengungkapkan, industri hiburan memiliki cakupan yang sangat luas sehingga mempunyai potensi sebagai salah satu kekuatan bagi industri kreatif Indonesia.

Menurutnya, potensi tersebut turut pula didukung dengan inovasi teknologi dan penetrasi internet dalam industri hiburan nasional.

Baca: Pajak Hotel, Restoran, Hiburan, dan Parkir di Kota Yogya Dibayarkan secara Online

"Inovasi yang kian maju dan berkembang akan semakin memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam menjelajah event-event baru secara lebih cepat dan personal," ungkapnya, Kamis (31/1/2019).

Tren tersebut mulai terlihat pada tahun lalu.

Penjualan tiket di LOKET melonjak hingga lebih dari 10 juta tiket secara keseluruhan.

Laju pertumbuhan untuk setiap kategori juga sangat positif.

Untuk penjualan tiket kategori konser dan festival musik meningkat 500%, penjualan tiket kategori MICE meningkat 200%, penjualan tiket olahraga meningkat 225%, dan penjualan tiket kategori atraksi hiburan meningkat 250%.

Selain itu, tambah dia konsep O2O (Online-to-Offline) akan semakin dikenal luas oleh masyarakat.

Hal ini tercermin dari proses pemesanan tiket secara online dengan pembayaran offline yang semakin populer, terutama pada masyarakat yang belum memiliki akses ke pembayaran digital.

Baca: 10 Deretan Maskapai dengan Fasilitas Hiburan Terbaik di Dunia

Kemudahan yang dihadirkan dalam konsep ini secara perlahan juga mendorong konsumen semakin akrab dengan teknologi layanan pembelian tiket online.

Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ricky Joseph Pesik mengatakan, seiring dengan prospek perekonomian Indonesia, Ekonomi Kreatif termasuk industri hiburan turut ditargetkan akan menjadi salah satu kekuatan industri kreatif dunia.

Berdasarkan catatan Bekraf dalam laporan OPUS Outlook 2019, pada 2016 kontribusi Ekonomi Kreatif terhadap perekonomian nasional tercatat sebesar 7,44 persen dan diproyeksikan akan terus meningkat.

“Industri hiburan sebagai salah satu bagian dalam industri kreatif juga memiliki pangsa pasar yang tak terbatas. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir terus menunjukkan tren pertumbuhan yang positif," kata dia.

Film, animasi dan video masuk ke dalam sektor dengan pertumbuhan tertinggi yaitu sebesar 10,09%, kemudian diikuti seni dan pertunjukkan sebesar 9,54%, dan musik 7,59%. (TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved