Bisnis

Botika Tawarkan Peluang Chat Commerce Bagi Pelaku Online Shop

Inovasi teknologi telah membuat masyarakat mengubah perilaku dalam melakukan transaksi belanja online.

Botika Tawarkan Peluang Chat Commerce Bagi Pelaku Online Shop
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon Pinsker
Suasana workshop online shop yang dilangsungkan Botika bekerjasama dengan Line, Jumat (1/2/2019) di Horaios Malioboro Hotel. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Inovasi teknologi telah membuat masyarakat mengubah perilaku dalam melakukan transaksi belanja online.

Salah satunya dengan menggunakan chat commerce yang diklaim mampu mempermudah para pelanggan ketika melakukan transaksi kepada pelaku online shop.

Berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2018 lalu ada sebanyak 89,35% penduduk Indonesia yang kerap menggunakan instant messaging.

Untuk itu, chat commerce mampu memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pelanggan karena mereka mampu berkomunikasi langsung dengan online shop seller.

Baca: Botika Gandeng Line Gelar Workshop Online Shop

"Dengan chat commerce, pelanggan akan mendapatkan kemudahan dalam berbelanja online. Pelanggan bisa menggunakan chat commerce, tanpa harus bersusah payah untuk membuka aplikasi lain. Karena berdasarkan pola penggunaan berbelanja online, para pelanggan cenderung melakukan pemesanan secara tidak efektif, mereka biasanya harus membuka aplkasi untuk melihat katalog, kemudian pindah ke aplikasi lain untuk melakukan pemesanan," kata Co-Founder & Head of Business Development Botika, Galuh Koco Sadewo, Jumat (1/2/2019).

Pihaknya bekerjasama dengan Line menawarkan fasilitas chat commerce Botika bagi para pelaku online shop yang bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak penjualan.

Galuh mengatakan, dengan memanfaatkan chatbot yang merupakan sistem otomatis serta dirancang khusus untuk memudahkan percakapan antara manusia dengan sistem kecerdasan buatan, pelanggan dimungkinkan untuk bisa berkomunikasi dan melakukan pemesanan berupa tiket, melihat produk, berkonsultasi, hingga bertransaksi dalam satu percakapan di media sosial.

Baca: Mirota Kampus Luncurkan Layanan Belanja Online

"Pelaku online shop bisa mengatur dan membalas semua pesan pelanggan secara otomatis, dimana pun dan kapanpun. Selain itu mereka dapat melayani pelanggan mulai dari awal pembelian, melihat katalog produk bertransaksi, hingga mendapatkan laporan data statistik dari para pelanggan yang berkomunikasi dengan chatbot," jelasnya.

Pada kesempatan itu juga diselenggarakan mini workshop kepada sejumlah pelaku UMKM dan diberikan fasilitas untuk mencoba chatbot dari botika yang terintegrasi langsung dengan LINE@.

Sales Director LINE Indonesia, Anchali Trisnia Kardia menyatakan, layanan LINE@ menjadi kanal yang tepat untuk diintegrasikan dengan chatbot.

Selain banyaknya user yang sudah menggunakan, tampilan percakapan di LINE yang sudah terhubung oleh chatbot akan terlihat lebih interaktif dan praktis.

"Fitur carousel juga akan menjadi nilai tambah dari LINE, untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan online shop," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved