Pemilu 2019

Relawan Demokrasi jadi Ujung Tombak KPU untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Kalangan Milenial

Relawan Demokrasi jadi Ujung Tombak KPU untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Kalangan Milenial

Relawan Demokrasi jadi Ujung Tombak KPU untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Kalangan Milenial
TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Pengukuhan Relawan Demokrasi oleh KPU Sleman di Graha Sarina Vidi, Selasa (29/01/2019) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, KPU DIY melalui KPU kabupaten dan kota se-DIY membentuk Relawan Demokrasi.

Selain untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu, Relawan Demokrasi ini juga bertujuan untuk mengedukasi pemilih.

Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU DIY, Ahmad Shidqi menyampaikan, salah satu segmen yang disasar oleh Relawan Demokrasi ini adalah warganet atau anak-anak muda.

"Karena anak muda yang di dalamnya juga terdapat pemilih pemula atau baru pertama kali mengikuti pemilu dan banyak yang masih galau menentukan pilihan, sehingga perlu edukasi terkait pemilu," ujarnya pada Kamis (31/1/2019).

Baca: KPU Kota Yogya Rakit Kotak Suara Mulai 6 Februari 2019

Lanjut Shidqi, alasan merekrut generasi milenial ini karena sebagian besar pengguna media sosial di Indonesia adalah anak muda.

"Jadi apabila kita menyasar anak muda maka harus masuk pada dunia mereka, yaitu media sosial," katanya kepada Tribunjogja.com.

Relawan Demokrasi ini bertugas untuk memberikan sosialisasi tahapan pemilu serta memberikan edukasi seputar pemilu kepada masyarakat.

Lanjut Shidqi, pelaksanaan Relawan Demokrasi ini ada di KPU kabupaten dan kota, termasuk juga untuk koordinasi dan evaluasi ada di KPU kabupaten dan kota.

"KPU DIY lebih pada memberikan supervisi dan penguatan materi melalui pembekalan materi seputar demokrasi pemilu dan partisipasi," ujar Shidqi.

Linda Marsela Alawiyah, mahasiswi UNY ini mengaku tertarik menjadi Relawan Demokrasi karena ingin menambah pengalaman baru sekaligus mengetahui tahapan-tahapan Pemilu lebih jauh.

"Tugasnya sosialisasi ke masing-masing basis. Kebetulan saya basis pemula jadi mensosialisasikan untuk meningkatkan jumlah partisipan pemilu dengan cara sosialisasi tentang informasi Pemilu," ucap Linda

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih selain dengan merekrut Relawan Demokrasi, kata Shidqi, KPU DIY juga melakukan berbagai upaya, seperti melalui event KPU goes to campus.

"Kemudian juga kita akan bikin lomba mural Pemilu, lomba band untuk anak muda, konser musik. Itu yang khusus menggaet anak muda ya, jadi harapannya partisipasi masyarakat dalam Pemilu meningkat," tutur Shidqi.(tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved